Instalasi dan Konfigurasi Server Web

Instalasi

Persyaratan Server

Kerangka kerja Laravel memiliki beberapa persyaratan sistem. Semua persyaratan ini dipenuhi oleh mesin virtual Laravel Homestead , jadi sangat disarankan agar Anda menggunakan Homestead sebagai lingkungan pengembangan Laravel lokal Anda.
Namun, jika Anda tidak menggunakan Homestead, Anda harus memastikan server Anda memenuhi persyaratan berikut:
  • PHP> = 7.1.3
  • Ekstensi OpenSSL PHP
  • Ekstensi PHP PDO
  • Ekstensi PHP Mbstring
  • Ekstensi PHP Tokenizer
  • Ekstensi PHP XML
  • Ctype PHP Extension
  • Ekstensi PHP JSON
  • Ekstensi PHP BCMath

Menginstal Laravel

Laravel menggunakan Komposer untuk mengelola dependensinya. Jadi, sebelum menggunakan Laravel, pastikan Anda memiliki Composer yang terinstal di mesin Anda.

Melalui Penginstal Laravel

Pertama, unduh penginstal Laravel menggunakan Composer:
composer global require laravel/installer 
Pastikan untuk menempatkan direktori vendor biner seluruh sistem komposer di $PATH sehingga laravel executable dapat ditemukan oleh sistem Anda. Direktori ini ada di berbagai lokasi berdasarkan sistem operasi Anda; namun, beberapa lokasi umum meliputi:
  • macOS: $HOME/.composer/vendor/bin
  • Distribusi GNU / Linux: $HOME/.config/composer/vendor/bin
  • Windows: %USERPROFILE%\AppData\Roaming\Composer\vendor\bin
Setelah terinstal, perintah laravel new akan membuat instalasi Laravel baru di direktori yang Anda tentukan. Misalnya, laravel new blog akan membuat direktori bernama blog berisi instalasi Laravel baru dengan semua dependensi Laravel yang sudah diinstal:
 laravel new blog 

Melalui Proyek Pencipta Komposer

Sebagai alternatif, Anda juga dapat menginstal Laravel dengan mengeluarkan perintah create-project Komposer di terminal Anda:
 composer create-project --prefer-dist laravel/laravel blog 

Server Pengembangan Lokal

Jika Anda menginstal PHP secara lokal dan Anda ingin menggunakan server pengembangan bawaan PHP untuk melayani aplikasi Anda, Anda dapat menggunakan perintah serve Artisan. Perintah ini akan memulai server pengembangan di http://localhost:8000 :
 php artisan serve 
Opsi pengembangan lokal yang lebih kuat tersedia melalui Homestead dan Valet .

Konfigurasi

Direktori Publik

Setelah menginstal Laravel, Anda harus mengonfigurasi dokumen / root web server web Anda menjadi direktori public . index.php dalam direktori ini berfungsi sebagai pengontrol depan untuk semua permintaan HTTP yang memasuki aplikasi Anda.

File Konfigurasi

File konfigurasi framework Laravel disimpan pada direktori config . Setiap opsi didokumentasikan, jadi silakan melihat-lihat file dan membiasakan diri dengan opsi yang tersedia untuk Anda.

Izin Direktori

Setelah menginstal Laravel, Anda mungkin perlu mengonfigurasi beberapa izin. Direktori dalam storage dan direktori bootstrap/cache harus dapat ditulis oleh server web Anda atau Laravel tidak akan berjalan. Jika Anda menggunakan mesin virtual Homestead , izin ini harus sudah ditetapkan.

Kunci Aplikasi

Hal berikutnya yang harus Anda lakukan setelah menginstal Laravel adalah mengatur kunci aplikasi Anda ke string acak. Jika Anda menginstal Laravel melalui Composer atau installer Laravel, kunci ini telah ditetapkan untuk Anda oleh php artisan key:generate perintah.
Biasanya, string ini harus sepanjang 32 karakter. Kuncinya dapat diatur dalam file .env environment.Jika Anda belum mengganti nama file .env.example menjadi .env.example , Anda harus melakukannya sekarang. Jika kunci aplikasi tidak disetel, sesi pengguna Anda dan data terenkripsi lainnya tidak akan aman!

Konfigurasi Tambahan

Laravel hampir tidak memerlukan konfigurasi lain di luar kotak. Anda bebas untuk mulai berkembang!Namun, Anda mungkin ingin meninjau file config/app.php dan dokumentasinya. Ini berisi beberapa opsi seperti timezone dan locale yang mungkin ingin Anda ubah sesuai dengan aplikasi Anda.
Anda mungkin juga ingin mengonfigurasi beberapa komponen tambahan Laravel, seperti:
  • Cache
  • Basis data
  • Sidang

Konfigurasi Server Web

URL cantik

Apache

Laravel menyertakan file public/.htaccess yang digunakan untuk menyediakan URL tanpa pengontrol depan index.php di path. Sebelum melayani Laravel dengan Apache, pastikan untuk mengaktifkan modul mod_rewrite sehingga file .htaccess akan dihormati oleh server.
Jika file .htaccess yang dikirimkan bersama Laravel tidak berfungsi dengan instalasi Apache Anda, coba alternatif ini:
 Options +FollowSymLinks -Indexes RewriteEngine On RewriteCond %{HTTP:Authorization} . RewriteRule .* - [E=HTTP_AUTHORIZATION:%{HTTP:Authorization}] RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f RewriteRule ^ index.php [L] 

Nginx

Jika Anda menggunakan Nginx, arahan berikut dalam konfigurasi situs Anda akan mengarahkan semua permintaan ke pengontrol depan index.php :
 location / { try_files $uri $uri/ /index.php?$query_string; } 
Saat menggunakan Homestead atau Valet , URL cantik akan dikonfigurasikan secara otomatis.

0 Response to "Instalasi dan Konfigurasi Server Web"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel