Membuat Controller Pada Laravel


Assalamualaikum wr.wb
Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara Membuat Controller Pada Laravel, Karena sebelumnya kita telah mempelajari route dan view pada laravel, selanjutnya kita akan membahas mengenai controller pada laravel.

Tutorial Membuat Controller Pada Laravel

Sama seperti halnya pada framework codeigniter atau yii, laravel juga memiliki controller untuk mengolah data. Mungkin teman - teman yang baru belajar laravel masih bingung apa yang dimaksud dengan controller itu.. silahkan teman teman simak penjelasan tentang contoller pada toturial laravel berikut ini.

Pengertian Controller Pada Laravel 

Sama seperti halnya framework yang lainnya, Laravel juga menerapkan konsep MVC (Model View dan Controller) dalam pengembangan dan penggunaan  framwork laravelnya.

Controller dapat dikatakan sebagai jembatan atau suatu yang menghubungkan anda view dan model. Atau controller juga dapat dipahami sebagai pengatur view dan model yang dimasudkan penghubung antara tampilan dan database. Controller juga biasanya dapat berperan sebagai pengolahan data.

Dibeberapa contoh kasus mungkin kita memerlukan controller untuk penerapan logika dan pengolahan data, maka controller yang berperan mengolah data sersebut sebelum ditampilkan dapa view atau user interface aplikasi atau peroject kita.

Contoller laravel berada dalam folder app/Http/Controllers/.

Cara Membuat Controller Pada Laravel

Cara membuat controller pada laravel sangat lah mudah.

Terdapat dua cara untuk membuat controller pada laravel:
  • Yang pertama kita bisa membuat controller pada laravel dengan cara membuanya langsung file controller yang baru dengan masuk pada directori app/Http/Controllers/
  • Cara kedua kita bisa menggunakan perintah php artisan make:controller pada command prompt.

Cara Pertama

Silahkah teman - teman simak dengan bailk
Langkah yang pertama yaitu kita membuat controller laravel dengan membuat langsung file controller barunya pada folder app/Http/Controllers/. Pada hal ini kita akan mengikutin format penulisan pada framework laravel, jadi yang harus diperhatikan adalah kita akan membuat nam controller tersebut dengan huruf besar pada awal nama controllernya.

Misalnya kita kan memberi nama controller tersebut dengan nama controller berita, silahkan teman - teman buat file baru degan nama BeritaController.php dalam folder controllers,

belajarlaravel/app/Http/Controller/BeritaController.php
<?php

namespace App\Http\Controllers;

use Illuminate\Http\Request;

class BeritaController extends Controller
{
    //di sini isi controller berita
}
Coba teman - teman perhatikan syntax diatas, pada sintax diatas terlihat kita mendeklarasikan class controller BeritaController, dengan harus meng-extends Controller pada Laravel.

dan teman - teman harus memperhatikan penulisan classnya secara benar, silahkan perhatikan gambar dibawah ini:
Oke teman - teman, kita telah berhasil membuat controller pada laravel dengan cara yang pertama.

Cara Kedua 

Cara kedua untuk membuat controller pada laravel sangatlah mudah yang pertama harus kita lakukan adalah membuka command prompt masuk ke direktori penginstallan project laravel dan ketikan perintah php artisan make:controller.

Tutorial membuat controller di laravel

Ini merupakan salah satu fitur keren yang dimiliki framework laravel, karena kita dapat membuat dan mengontrol project kita dengan perintah php artisan pada command prompt.

Jadi kesimpulannya bahwa

php artisan merupakan fitur unggulan yang terdapat pada framework laravel, yang diperuntukan untuk memudahkan pada developer atau pengembang website menggunakan framwork laravel.

Untuk mengetahui perintah apa saja yang terdapat atau bisa dilakukan dengan php artisan, silahkan teman - teman ketikan php artisan pada command prompt, maka akan tampil banyak perintah yang tersedia dan kita dapat menggunakannya.

Salah satunya kita bisa membuat file controller secara otomatis menggunakan printah php arisan. nantinya akan ada banyak lagi yang akan kami jelaskan pada artikel selanjutnya tenatan kegunaan php artisan. Pada artikel ini kita fokus pada pembahasan pembuatan controller terlebih dahulu.

Sekarang kita akan mencoba membuat controller baru dengan menggunakan perintah php artisan, kita akan membuat file controller dengan nama BeritaController.php

Langkah pertama silahkan teman - teman buka terlebih dahulu command prompt. lalu silahkan masuk pada directori penyimpanan project teman - teman.

Setelah teman - teman berhasil masuk pada directori project belajar laravel, kemudia ketikan perintah

php artisan make:controller BeritaController   
perintah diatas make:controller adalah perintah artisa untuk membuat controller dengan nama BeritaController yang akan kita buat.
php artisan make:controller BeritaController
Selanjutnya kita akan melihat pada text editor yang digunakan. maka akan terdapat file BeritaController secara otomatis.
php artisan make:controller

Pada pembahsan diatas teman - teman telah berhasil tentang bagaimana membuat controller pada framework laravel dengan menggunakan dua cara diatas.

Selanjutnya kita akan membahas mengenai bagaimana cara menggunakan controller pada framework laravel. Silahkan teman - teman simak cara menggunaannya

Cara Menggunakan Controller pada Framework Laravel

Seperti yang telah kita tau atau sudah dijelaskan sebelumnya, pada controller kita bisa melakukan apasaja mulai dari menampilkan nampilan, membuat CRUD pada laravel, atau membuat validasi data lainnya.

Kali ini kita akan mencoba membuat route untuk mengakses atau memanggil controller pada router, dan silahkan masuk kedalam folder belajarlaravel/routes/web.php

Silahkan teman - teman ketik perintah dibawah ini!
Route::get('berita','BeritaController@index');
 Memanggil controller dari route

Silahkan teman - teman perhatikan sintax diatas, sintak route diatas maksudnya adalah pada tulisan berita itu adalah sebuah url yang akan kita panggil pada web browser sedangkan BeritaController adalah nama controller yang akan kita panggil dan @index adah function yang akan kita tampilkan. Function itu berada pada Berita Controller. Coba buka file BeritaController.
Silahkan teman - teman ketikan script dibawah ini
public function index(){
    return "ini adalah method index, dalam controller BeritaController";
    } 
Sehingga seluruh isi script dalam file BeritaController akan menjadi seperti dibawah ini:
<?php

namespace App\Http\Controllers;

use Illuminate\Http\Request;

class BeritaController extends Controller
{
    public function index(){
    return "Ini adalah method index, dalam controller BeritaController";
    }
Oke Teman - teman seperti yang telah kita jelaskan pada route berita, pada saat route berita diakses, maka yang dijalankan adalahh method atau function index yang berada pada controller BeritaController.php

Tahap terakhir silahkan teman teman coba tampilkan pada web browser untuk melihat hasilnya
dengan perintah php artisan serve pada comand prompt lalu ketik 127.0.0.1:8000/berita
Selamat .. sesuai dengan yang telah kita buat dalam function index dalam controller BeritaController. kita mereturn string yang terdapat  pada function index di file BeritaController.

Oke teman - teman selesai sudah pembahasn kita mengenai tutorial pembuatan dan penggunaan controller pada laravel

Terimakasi telah berkunjung, semoga bermanfaat :)

0 Response to "Membuat Controller Pada Laravel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel