Tutorial Realtime Chat Android Studio dan Firebase #1

Assalamualaikum wr.wb

Apa yang dimaksud dengan Chatting? Chatting adalah salah satu fitur dari canggihnya teknologi masa kini. Dari mulai anak sampai orang dewasa sudah sangat familiar dengan chatting.

Beberapa contoh dari aplikasi chatting yang sering digunakan oleh banyak masyarakat.

  • WhatsApp(WA)
  • Blackberry Messenger (BBM)
  • Line, Dll.


Pada kesempatan kali ini kita akan membangun sebuah aplikasi android yaitu aplikasi yang saya beri nama MyChat .. MyChat adalah sebuah aplikasi chatting seperti WA misalnya tetapi mempunyai fitur"  yang berbeda, Silahkan teman-teman simak terus tutorial Tutorial Realtime Chat Android Studio dan Firebase  sampai selesai.

Dengan menggunakan Firebase, membuat aplikasi chat real-time sangat mudah karena kita tidak perlu menulis satu baris kode sisi server.

Dalam tutorial kali ini, kami akan membuat sebuah aplikasi yang memanfaatkan fitur yang terdapat dalam Firebase UI seperti aplikasi WA misalnya, tutorial ini akan sangat panjang dan akan mempunyai sampai beberpa chapter. Silahkan teman-teman ikuti terus Tutorial Realtime Chat Android Studio dan Firebase.

Prasyarat

Supaya teman-teman dapat mengikuti tutorial langkah demi langkahnya, teman-teman memerlukan bahan bahan berikut ini:
  • Versi Android Studio yang terbaru
  • Mempunyai akun Firebase
Tenang Saja teman-teman kita akan bahas tuntas sampai aplikasi MyChat kita selesai,.. Aamiin
Untuk persiapan Backgroundnya silahkan teman-teman Save gambar dibawah ini dan forumkoding akan menjelaskan satu persatu tentang kegunaan gambarnya:

Diatas adalah gambar bakground awal aplikasi MyChat kita silahkan teman-teman save gambar diatas dan buatlah sebuah folder baru semisal ProjectMyChat . yang dimaksud dengan background awal adalah sebuah tampilan awal saat aplikasi kita dijalankan.
 Gambar Diatas adalah sebuah background yang muncul setelah background pertama tadi yang nantinya kita akan membuat dua biah button didalamnya.. button apa saja itu? yaitu button yang mengarahkan ke halaman login dan kehalaman register.
Silahkan teman-teman simpan gambar diatas dengan nama login karena nantinya kita akan membuat sebuah form login yang terdapat dua input text yaitu Email dan Password yang sebelumnya telah didaftarkan pada halaman register.
Silahkan teman-teman simpan gambar diatas dengan nama register, karena nantinya kita akan membuat sebuah halaman register yang terdapat tiga inputan teks yaitu Nama, Email, Password. yang nantinya kita akan login dengan data yang telah kita masukan atau simpan pada halaman register.
Silahkan simpan gambar diatas , gambar diatas akan kita gunakan untuk membuat profile default yang nantinya setiap user dapat mengganti profilnya masing-masing.
Diatas adalah sebuah gambar yang nantinya kita gunakan sebagai gambar icon Aplikasi yang kita buat, silahkan teman-teman simpan gambar diatas dengan nama icon. yang nantinya icon ini akan terliat paa HP kita masing-masing ... karena kita akan menjalankannya langsung pada HP kita tampa menggunakan emulator.

Mengapa tidak menggunakan emular? karena emulator akan membuat kita sangat lama menunggu aplikasi kita dibuild atau dijalankan.

Kesimpulan

Dalam tutorial ini, Teman-teman akan belajar menggunakan Firebase dan Firebase UI untuk membuat aplikasi obrolan seperti WatsApp. Teman-teman juga dapat dengan mudahnya bekerja dengan kelasnya yang tersedia di FirebaseUI untuk segera membuat layar baru dan dapat menerapkan fungsional yang sangat rumit.

Penutup

Demikian tutorial  Tutorial Realtime Chat Android Studio dan Firebase #1 Kali ini kalau ada yang kurang jelas silahkan teman-teman tanyakan ada kolom komentar, dan ini adalah tutorial perdana tentang pembuatan aplikasi Chat seperti Wa ... silahkan teman-teman ikuti terus tutorial nya karena akan ada banyak pelajaran yang akan kita dapat, Terima Kasih .. Semoga bermanfaat

0 Response to "Tutorial Realtime Chat Android Studio dan Firebase #1"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel