Makalah Sejarah Dan Perkembangan Processor Intel


MAKALAH
SEJARAH DAN PERKEMBANGAN PROCESSOR INTEL

Diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Arsitektur Komputer
Pada progam Studi DIV Teknik Informatika


Oleh:
Muhammad Rizal Supriadi
1.19.4.059




PROGRAM DIPLOMA IV TEKNIK INFORMATIKA
POLITEKNIK POS INDONESIA
BANDUNG
2019


KATA PENGANTAR


.....................................................................................................................................






DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR.. i
DAFTAR ISI. ii
BAB I PENDAHULUAN.. 1
1.1      Latar Belakang Perkembangan Processor. 1
1.2      Rumusan Masalah. 2
1.3      Tujuan dan Manfaat 2
BAB II PEMBAHASAN.. 3
2.1      Pengertian Processor. 3
2.2      Sejarah Processor Intel 3
2.3      Perkembangan Processor Intel 4
2.3.1        Generasi Processor Intel Tahun 1971-1981. 4
2.3.2        Generasi Processor Intel Tahun 1982-1989. 5
2.3.3       Generasi Processor Intel Tahun 1993-1999. 7
2.3.4       Generasi Processor Intel Tahun 2000-2009. 9
2.3.5       Generasi Processor Intel Tahun 2009-2016. 12
BAB III PENUTUP.. 14
3.1      Kesimpulan. 14
3.2      Saran. 14
DAFTAR PUSTAKA.. 15



BAB I

PENDAHULUAN


1.1             1.1 Latar Belakang Perkembangan Processor

Manusia adalah makhluk yang diciptakan untuk berfikir dan dapat mengkoordinasikan setiap kegiatan manusia. Tidak jauh berbeda dengan komputer. Yang mempunyai otak untuk berfikir dan mengkoordinakasikan semua fungsi dari komputer.
Processor dapat kita sebut sebagai otak dan pusat pengendali komputer yang didukung oleh komponen-komponen lainnya. Processor merupakan sebuah IC yang dapat mengontrol keseluruhan jalannya sistem komputer dan juga dapat digunakan sebagai otak dari komputer yang dapat berfungsi untuk melaksanakan tugas dan menjalankan perhitungan.
Processor disimpan pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Jenis dan kapasitas processor sangat berpengaruh terhadap kecepatan komputer.
Saat ini perkembangan processor sudah sangat berkembang, dimana setiap produsen berlomba-lomba meningkatkan kemampuan processor yang mereka buat. Hal ini dilakukan untuk mendukung perkembangan software, yang mana saat ini software berkembang dengan baik dari segi tampilan grafisnya ataupun hasil akhir dari software tersebut.
Untuk dapat mengimbangi perkembangan software yang sangat cepat dan pesat serta didukung dengan tampilan grafis maupun ukuran software yang relatif besar diperlukan processor yang handal, agar software tersebut dapat berjalan sesuai yang kita inginkan.
1.2              1.2Rumusan Masalah
Dari latar belakang diatas maka dapat disimpulkan rumusan masalah sebagai berikut:
1.      Apa pengertian processor?
2.      Bagaimana sejarah terciptanya processor intel?
3.      Bagaimana perkembangan processor intel?

Tujuan dan Manfaat
Dari rumusan masalah diatas dapat disimpulkan tujuan dan manfaat penulisan makalah ini adalah sebagai berikut:
1.      Mengetahui pengertian processor.
2.      Mengetahui bagaimana sejarah terciptanya processor intel
3.      Mengetahui perkembangan processor intel


BAB II
PEMBAHASAN

2.1        Pengertian Processor           
Processor adalah sebuah chip atau otak dari komputer yang sering disebut dengan istilah “Microprocessor” yang ukurannya sekarang sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut merupakan hitungan kecepatan processor dalam mengolah data atau instruksi. Bagian terpenting dari processor terbagi menjadi 3 bagian yaitu:
1.      Arictmatic Logical Unit (ALU) : Melakukan semua perhitungan aritmatika
2.      Control Unit (CU) : Mengatur lalu lintas data seperti input dan output.
3.      Memory Unit (MU): Sebuah alat penyimpanan berukuran kecil.
        Dengan kapasitas processor yang besar serta didukung oleh RAM yang besar dapat membantu setiap pengerjaan intruksi lebih cepat.
Processor
Ide tentang komputer berawal dari sebuah ide penyimpenan memori elektronik pertama menghasilkan rancangan yang belum rampung dengan nama ENIAC yang telah didesain oleh J.Presper Ecket dan John William Mauchly tetapi kemudian diabaikan keberadaannya kerena tidak berhasil diselesaikan. Pada tanggal 30 juni 1945 John Von Neumann (ahli matematika)
memaparkan makalahnya untuk menciptakan elektronik memory pertamanya dengan nama EDVAC yang telah direncanakan selesai pada tahun 1949.
            Rancangan inilah yang kemudian menjadi dasar pengembangan dalam dunia komputer walaupun saat itu komputer berukuran sebesar rumah. Biaya yang cukup mahal untuk dapat menciptakan sebuah komputer, memaksa para ilmuwan menciptakan processor yang berukuran lebih kecil.
            Fairchild Semikonduktor adalah perusahaan semikonduktor yang didirikan pada tahun 1957. Integrated Circuit (IC) yang pertama kali ditemukan pada tahun 1959 dan diproduksi oleh Fairchild Semikonduktor. Pada tahun 1968, beberapa ahli pakar dari semikonduktor seperti Robert Noyce, Moore Gordan dan Andrew Grove yang mengundurkan diri dari Fairchild Semikonduktor, kemudian mereka mendirikan perusahaan sendiri yang bernama Itel (Integrated Electronic). Intel tumbuh dari ketiga pria tersebut, start-up tersebut berdiri pada tahun 1968.

Perkembangan Processor Intel

Generasi Processor Intel Tahun 1971-1981

                        1.     Intel Processor 4004
Adalah processor yang pertama dibuat oleh perusahaan Intel, dimana  masih dibahawah perusahaan IBM. Merupakan processor 4 bit dengan set chip disekitarnya, yang diperjual belikan untuk umum disamping menjadi CPU pertama yang dijalankan diatas sebuah chip.
Processor ini memiliki 2300 transistor yang tertanam dan sebagai pembuka jalan bahwa memasukan kecerdasan buatan pada benda mati merupakan hal yang mungkin dilakukan.
                        2.      Intel Processor 8008
Pada tahun 1972. Pihak intel mengklaim bahwa processor 8008 lebih kuat 2 kali lipat dan lebih canggih dibandingkan dengan generasi processor 4004. Processor ini menggunakan system 8 bit dengan 3500 transistor dan clock speed awal 800Mhz. Walaupun begitu processor ini didesain untuk menjalankan satu tugas.


                        3.      Intel Processor 8080
                                          Pada tahun 1974. Perubahan dari processor sebelumnya sangat segnifikan pada processor sebelumnya menggunakan Multivoltage diubah menjadi Triple Voltage. Memakai teknologi NMOS yang memiliki kecepatan yang lebih cepat dibanding teknologi PMOS yang dipakai pada processor sebelumnya.
                                          Pihak intel mengklaim kemampuannya 10 kali lebih cepat dibanding dengan processor 8008, masih menggunakan sistem 8 bit  dan penanaman transistor sebanyak 4500 dengan clock speed 2 Mhz dan 3 Mhz dengan pengalamatan memori mencapai 64 KiloByte.
                                 4.       Intel Processor 8086 dan Intel Processor 8088
                                          Dua processor ini dirilis pada tahun 1978, padahal sudah 6 tahun lalu processor sudah ditemukan. Processor ini menggunakan sistem 16 bit untuk pertama kalinya. Memiliki spesifikasi 29ribu transistor dan clock speed mencapai 5Mhz, tetapi kurang diminati oleh perkembangan pasar. Maka pada tahun1979 Intel merilis ulang processor 8 bit yang diberi nama Intel Processor 8088 yang kemudian diterapkan pada komputer IBM dan menjadi tonggak kesuksesan intel.    

Generasi Processor Intel Tahun 1982-1989

                                              1.     Intel Processor 80286
                                          Intel processor 286 yang mempunyai nama asli 80286 processor ini mengusung yang lebih unggul dibanding produk-produk sebelumnya yaitu menggunakan sistem 16 bit. Processor ini memiliki clock speed awal 6Mhz dan memiliki kemampuan 4 kali lebih baik dari generasi sebelumnya. Semakin maju dan kemudian muncullah tipe clock speed 8, 10, 12 Mhz. Tertanam134 ribu transistor.
                         2.     intel Processor 386DX
                                          Processor ini dirilis pada tanggal 17 Oktober 1985, mempunyai spesifikasi dengan sistem 32bit pertama di dunia. Dapat bekerja pada kecepatan 16, 20, dan 33MHz dan tertanam 275 transistor. Ini merupakan pengembangan dari processor 286 dengan kemampuan yang lebih baik. Dapat melakukan pengalamatan memory hingga 4GB, chip ini merupakan chip pertama yang memenuhi semua persyaratan mendasar untuk menjalankan sistem operasi Windows dan Linux.
                         3.     Intel Processor 386SX
                                           Processor ini merupakan versi lain dari processor 386DX, namun untuk menekan harga jual spesifikasinya telah banyak dikurangi dan hanya memiliki bus external 16 bit jauh lebih lambat dibandingkan pendahulunya.
                                           Namun processor ini dapat dipasangkan pada motherboard yang berharga lebih murah alhasil processor ini jauh lebih popular dibanding processor 386DX.
                         4.     Intel Processor 486DX
                                           Dirilis pada tanggal 10 April 1989, Merupakan processor pertama yang dapat memudahkan pengguna dalam mengakses aplikasi dengan cara yang praktis. Menggunakan sistem 32 bit dan mempunyai hingga 1,2 juta transistor, clock speed awal 25Mhz. Kelebihannya berupa Macth co-processor yang fungsinya membantu data sistematis yang dapat memperkecil beban pada processor. Sehingga kecepatan aksenya lebih cepat.
                         5.     Intel Processor 486SX
                                          Merupakan processor versi termurah dari Intel 486 DX, spesifikasinya lebih lebih rendah dibanding dengan processor 486 DX namun dijual dengan harga yang lebih murah karena tidak dilengkapi dengan Math co-processor.

            2.3.3     Generasi Processor Intel Tahun 1993-1999

                         1.     Intel Processor Pentium
                                           Dirilis pada tanggal 22 Maret 1993. Ini merupakan processor Intel Pentium pertama yang mempunyai kemampuan dua kali lipat dari Intel 486 DX. Processor ini menggunakan sistem 64 bit yang memungkinkan pemrosesannya lebih cepat dari para pendahulunya, processor ini berjalan pada kecepatan clock 60MHz dan 66MHz dan telah tertanam 3,1 juta transistor mikroarsitektur P5.
                         2.     Intel Processor Pentium Pro
                                           Processor ini dirilis pada tahun 1995, processor ini banyak digunakan untuk sistem server dan workstation dan difokuskan akan dapat secara cepat memproses data. Terdapat 5,5 juta transistor yang tertanam, clock speednya 200MHz dan menggunakan sistem 32 bit serta Mikroarsitektur P6. Processor inilah yan menjadi dasar pengembangan Processor Intel Pentium 1 sampai  Pentium IV.     

                         3.     Intel Processor Pentium II
                                           Pada tahun 1997 processor ini resmi masuk pasar sebagai processor yang dibuat dari intel MMX sebagai dasarnya. Yang dirancang secara khusus untuk mengolah data video, grafik dan audio secara efisien. Didalamnya terdapat 7,5 juta transistor yang terintegrasi sehingga pengguna PC dapat mengolah data serta menggunakan internet dengan lebih baik.
                         4.     Intel Processor Pentium II Xeon       
                                           Dirilis pada tahun 1998. Processor ini pembuatannya masih berbasis pada Pentium II yang terlebih dahulu dirilis. Yang membedakan yang berembel-rembel Xeon lebih diperuntukan untuk komputasi skala server.
                         5.     Intel Processor Celeron
                                           Dirilis pada tanggal 4 januari 1999. Tujuan dari pembuatannya Processor Intel Celeron adalah untuk merancang CPU berharga miring. Processor ini mempunyasi spesifikasi tipe 32 bit arsitektur P6, 7,5 juta transistor dan memiliki clock speed awal 266MHz.
                         6.     Intel Processor Pentium III                
                                           Dirilis pada tanggal 26 Februari 1999. Beberapa tambahan diantaranya MMX2 yang ditingkatkan dengan 70 intruksi untuk memperkaya kemampuan grafis seperti 3D, audio treming, pengenalan video dan aplikasi video, processor ini juga ditujukan untuk pengguna yang senang berselancar di internet. Spesifikasi menggunakan sistem 32 bit dengan 9,5 juta transistor tertanam di dalamnya dan mengusung arsitektur P6. Clock speed awal 600MHz serta merupakan processor yang masuk pada era Gigaherzt.
                         7.     Intel Processor Pentium III Celeron
                                           Processor ini dibuat untuk tujuan komputasi server. Processor ini mempunyai keunggulan berupa pengolahan informasi dari sistem bus ke dalam processor yang sangat cepat. Processor ini sangat cocok jika dipadukan dengan bisnis yang lebih canggih ataupun aplikasi perkantoran termasuk juga aplikasi multimedia atau streaming video.

            2.3.4      Generasi Processor Intel Tahun 2000-2009

                          1.    Intel Processor Pentium 4
                                           Dirilis pada tahun 2000. Kemunculan awalnya memiliki kecepatan 1.5GHz dengan form factor 423, Processor 32 bit ini memiliki 42 juta transistor dan berasitektur NetBurst. Processor Intel Pentium 4 mempunya kelebihan dalam kemampuannya dalam menjalankan aplikasi yang berat seperti pembuatan film, kemampuan mengirimkan video sekualitan TV melalui internet, kegiatan merender video dengan lebih baik dan dapat menjalankan aplikasi secara bersamaan.
2.    Intel Processor Pentium Celeron 4 Xeon
                 Dirilis pada tahun 2001. Processor ini lebih difokuskan pada komputer menengah dengan kinerja tinggi yang difokuskan untuk komputer server dan memiliki jualah kaki dan pin yang lebih banyak serta didukung dengan memori L2 chace yang lebih besar.

3.    Intel Processor Itanium
                 Dirilis pada tahun 2001. Ditujukan untuk perusahaan yang dituntut kinerja lebih tinggi dengan program advance, seperti pada transaksi e-commerce yang aman dengan database yang cukup besar, serta program teknik dan sain yang rumit.
4.    Intel Processor Itanium 2
                 Dengan penyematan teknologi Intel’s Explicitly Parralel Intruction Computing ( EPIC ) merupakan produk yang lebih tinggi dari sebelumnya.
5.    Intel Processor Pentium M
                 Dirilis pada tahun 2003, Merupakan sejarah dimulainya processor mobile yang dipokuskan untuk komputer jingjing atau laptop. Processor ini bertipe 32 bit dengan 55 juta transistor dengn clock speed awal 1,7 GHz. Jasa dari processor ini kondisi laptop bentuknya lebih ringan dan kemampuan pengoprasian lebiih lama ketika menggunakan baterai dan kemampuannya sebanding dengan Pentium 4.
6.    Intel Processor E7520/E7320
                 Dirilis pada 2004, mempunyai kelebihan Dual Processor dengan konfigurasi FSB 800MHz, Memory DDR2 400 yang merupakan teknologi baru dan dukungan terhadap koneksi PCI Express Bisa Untuk VGA).
7.    Intel Processor Pentium D
                 Dirilis pada tahun 2005, Mikroarsitektur Netburst dengan menggunakan sistem 64 bit dan tertanam 230 juta transistor dengan clock speed awal 2,66 GHz serta sudah dilengkapi sistem ganda atau dual core. Spesifikasinya yaitu FSB 800Mhz dapat bekerja pada frekuensi 2,8GHz, 3,0 GHz dan 3,2 Ghz. Processor ini mempunyai kemampunya Hyper Threading.         
8.    Intel Processor Core 2 Duo
                 Konfigurasi processor ini 2,4 GHz dengan 8 MB L2 Chace (yang dapat diakses 4MB di setiap corenya) dan memiliki 2 inti,   Thermal Design Power dan jalur FSB (Front Side Bus) 1,06 GHz.
9.    Intel Processor Core Solo dan Core duo
                 Processor ini diperkenalkan pada tahun 2006, menggunakan sistem 32 bit. Kemunculannya memiliki 2 varian yaitu intel core duo dan intel core solo ini merupakan pengembangan dari Pentium M, karena processor ini diperuntukan untuk laptop atau mobile PC serta menggunakan arsitektur P6 yang lebih canggih.
10.  Intel Processor Core 2
                 Dirilis pada tahun 2006, processor ini menggunakan sistem 64 bit dan memiliki 291 juta transistor, berbasis mikroarsitektur core dengan clock speed terendah 1,8 GHz.
11.  Intel Processor Pentium  Dual Core
                 Diperkenalkan pada tahun 2007, dengan mikroarsitektur core yang memiliki 160 juta transistor dengan sistem 64 bit dan clock speed awal 2,2 GHz. Merupakan processor diatas intel Celeron tapi dibawah Core 2 dengan harga ekonomis. Processor ini sempat menjadi popular dengan biaya yang murah untuk overcloking.
12.  Intel Processor Core 2 Quad
                 Dirilis pada tahun 2008 bersamaan dengan Core 2 duo dengan menggunakan sistem 64 bit dan mempunyai sekitar 820 juta transistor dengan clock speed terendah nya 2,4 GHz dan merupakan Quad Core Pertama Intel.
13.  Intel Processor Atom
                 Diperkenalkan pada tahun 2008 dan merupakan Intel Pentium Dual Core. Dengan clock speed terendah 1,86 GHz dan tertanam 41 juta transistor. Processor ini diperuntukan untuk komputer jingjing laptop dengan ukuran layar 10 inchian. Serta dikehususkan untuk entry level user.

            2.3.5      Generasi Processor Intel Tahun 2009-2016

          1.    Intel Processor Core i3
              Processor ini mampu menyediakan 4 thread dan sudah mengadopsi teknologi Hyperthreading dengan memiliki 2 inti yang dapat memungkinkan menjalankan program secara bersamaan melalui keempat jalur thread tersebut, tampa turbo bost tetapi mempunyai cache 3M.
2.    Intel Processor Core i5
             Merupakan mikroProcessor yang telah dibekali dengan turbo boost dan Hyper-threading. Turbo boost merupakan teknologi yang mampu membuat processor mempertahankan kecepatannya serta dapat menekan tingkat panas yang dapat dihasilkan dari pemakaian yang over. Hyperthreading merupakan teknologi multi-tasking yang dapat meningkatkan kinerja komputer khususnya pada saat menjalankan program dalam waktu bersamaan yang membutuhkan tenaga processor secara intensif.
                          3.      Intel Processor Core i7
Nama i7 diambil dari identifier i7 pada tahun 2008 yang merupakan teknologi baru dari Intel. Kelebihan dari processor ini mampu meningkatkan kinerja komputer yan dapat membuat komputer semakin hemat energi, serta menghasilkan kualitas gambar yang jauh lebih baik, termasuk saat memutar video yang beresolusi tinggi.
Processor ini memiliki 4 inti serta didukung dengan teknologi hyperthreading yang mampu menyediakan 4 thread, cache 4M serta didukung dengan ternologi turbo boost.
                          4.       Intel Processor Core i9
          Merupakan jenis processor terbaru yang dirilis pada tahun 2007 yang memiliki kemampuan jauh diatas Intel Core i7. Processor ini meningkat secara pesat mulai dari jumlah inti maupun transistor. Dan merupakan processor terbaik sepanjang masa hingga saat  ini. Memiliki kecepatan 2,60-3,30 GHz dengan sistem 32 dan 64 bit dan mempunyai inti 10-18 core dengan jumlah transistor mencapai 30 Milyar. Mempunyai Turbo boost 2.0 mengalir frekuensi maksimum hingga 5,0 GHz dengan dukungan multitasking 16-arah dengan kinerja 8 core.

BAB III

PENUTUP


3.1              Kesimpulan
Processor adalah sebuah IC yang dapat mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem pada komputer dan merupakan otak dari komputer yang berfungsi menjalankan tugas dan melakukan perhitungan. Fungsi utamanya adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap informasi yang dimasukan melalui hardware.
Perkembangan processor intel diawali pada tahun 1971 berkembang dengan pesat sampai sekarang dan setiap tahunnya selalu mempunyai peningkatan mulai dari performa dan cara kerja processor itu sendiri serta penambahan spesifikasi yang dilakukan oleh produsen untuk mengoptimalkan kinerja dari pengeksekusian intruksi sehingga dapat mempermudah user dalam menjalankan aplikasi yang cukup berat dan dapat menjalankan beberapa aplikasi dalam waktu yang bersamaan. 
3.2              Saran
Untuk kemajuan teknologi, melalui sejarah dan perkembangan processor ini diharapkan untuk produsen dapat mengembangkan processor ini dengan menambahkan fitur sehingga dapat meningkatkan performa processor menjadi lebih baik, serta diharapakan dapat membuat komponen processor dengan harga yang lebih terjangkau.         
                       


DAFTAR PUSTAKA


[1]       Nanang. 2018 “Perkembangan Processor Intel“.
Diambil dari: http://nanangrahmat.blog.institutpendidikan.ac.id/2018/06/25/ urutan-perkembangan-processor-intel/ [Diakses pada tanggal 6 Oktober2019]
[2]        Erradigital.blogspot.com “Perkembangan Processor Intel dari Awal hingga Sekarang.
Diambil dari: http://erradigital.blogspot.com/2016/04/perkembangan-prosesor-intel-dari- awal.html [Diakses Pada tanggal 7 Oktober 2019]
[3]        Intel.co.id ” Introducing the New 9th Gen Intel® Core™”.
Diambil dari: https://www.intel.co.id/content/www/id/id/products/docs/proce-ssors/core/9th-gen-core-desktop-brief.html [Diakses pada tanggal 9 oktober 2019



0 Response to "Makalah Sejarah Dan Perkembangan Processor Intel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel