Pengenalan Variabel dan Tipe Data Pada Dart

Assalamualaikum wr.wb

Pada kali ini kita akan melanjutkan pembahasan yang kemarin seputar Bahasa Pemrograman Dart,
Jika kalian belum membaca artikel sebelumnya silahkan kunjungi halaman berikut: Instalasi dan Dasar - dasar Pemrograman Dart.

Untuk pembahasan lengkap mengenai Pemrograman Dart, silahkan kunjungi Panduan Lengkap Bahasa Pemrograman Dart

Jika kalian sudah mengunjunginya langsung saja simak pembahasan dibawah ini.

Apa itu Variabel dan Tipe Data?

Teman - teman yang sudah belajar tentang bahasa pemrograman pastinya sudah tidak asing lagi mendengar kata diatas. Jika teman - teman belum tahu atau lupa admin akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai variabel dan tipe data.

Variabel
Variabel merupakan suatu simbol yang berfungsi sebagai penanda dan dapat digunakan untuk menyimpan suatu nilai didalamnya.

Tipe Data
Tipe Data merupakan jenis nilai yang tersimpan didalam variable (varchar, integer, float, double, dll).

Jika kalian sudah paham maka silahkan simak pembahasan dibawah ini mengenai variabel dan tipe data pada Dart.

Variabel (Variables)

Berikut ini merupakan cara untuk mendeklarasikan variabel.
Var

var nama = "Forumkoding";
nama = "GITS";
print (nama);

var adalah tipe data yang dinamis, artinya dapat menampung nilai apapun contohnya bila kita tidak yakin bahwa nilai A adalah integer atau String kita bisa menggunakan var . Seperti contoh di atas var nama mereferensi ke String dengan nilai “Forumkoding”. Var nilainya dapat diubah tetapi tipe data nya harus sama dengan tipe data awal yaitu String.

Dynamic

dynamic angka = "Satu";
angka = 1;
print (angka);

Dengan menggunakan kata kunci “ dynamic ” untuk membuat variabel, anda bisa mengubah nilai/ value dengan tipe data menjadi apa saja. Jadi saat anda menentukan nilai dengan String , maka anda bisa mengubahnya kembali nilainya menjadi integer . Berbeda dengan kata kunci “ var ” tidak bisa mengubah tipe nilainya, hanya bebas menentukan nilainya saja. Selain contoh di atas kita juga dapat menspesifikan data yang akan kita deklarasikan contohnya sebagai berikut.
int angka = 1;

double phi = 3.14;
String nama = "Forumkoding";
print("angka = $angka, phi = 3.14, nama= $nama");

Nilai Standar Variabel

Variabel pada dart sudah secara default  ditentukan dan sudah dibuat secara khusus ketika variabel yang tidak memiliki nilai maka akan ditentukan secara default , yakni “null”, null ini ber coba perhatikan contoh berikut :

input :
----------------------------------------
main{
int angka = 1;
double phi = 3.14;
String nama = "Forumkoding";
print("angka = $angka, phi = phi, nama = $nama");
}
------------------------------------------
output :
------------------------------------------
null

bisa dilihat bila kita lupa memberikan nilai variabel maka dart akan menampilkan null, ini terjadi karena bawaan dari bahasa pemrograman dart.
Final dan const

Final dan const adalah kebalikan dari dynamic bila pada dynamic kita dapat merubah nilai semau kita namun dalam final dan const kita tidak dapat merubah nilainya. Namun, hanya bisa dimanipulasi nilainya seperti ditambahkan, dikurangkan, dikalikan, dan dibagi. Jadi bila kita ingin membuat nilai variabel yang dinamis atau bisa di rubah rubah kita menggunakan kata kunci dynamic , sedangkan apabila kita ingin membuat variabel yang statis maka kita menggunakan kata kunci final atau const.

Lalu apa perbedaan final dan const saat membuat variables, dengan kata kunci “final” tidak akan tersimpan di dalam memori, jika nama variabel belum digunakan atau dipanggil. Sedangkan apabila kita menggunakan kata kunci const maka langsung tersimpan dalam memori saat itu juga.

Tipe Data

Tipe bawaan Dart (Built in Type)

Dart adalah bahasa pemrograman strongly typed artinya nilai yang di simpan di variabel harus sama dengan tipe data yang dideklarasikan. Berbeda dengan bahasa pemrograman javascript yang tidak memperdulikan nilai yang di simpan di variabel apakah tipe datanya sama atau tidak. Dart mendukung beberapa tipe berikut ini :
  1.  Number 
  2.  String 
  3.  Boolean
  4.  LIst 
  5.  Set
  6.  Map
  7.  Runes
  8.  Symbol
Berikut ini contoh pendeklarasian Tipe data dengan nilainya :

Number
pada tipe number terdapat dua sub tipe yaitu integer dan double.

Integer
Integer merupakan tipe data yang tidak lebih dari 64 bit yang digunakan untuk menyimpan angka dengan range -2^63 sampai 2^63 -1. Apabila di kompilasi ke JavaScript maka angka yang didukung adalah -2^53 sampai 2^53 -1.
Deklarasi tipe data integer :
  • Dengan keyword int
int angka = 1;
  • Dengan keyword var
var angka = 1;
Double
Double memiliki floating point yaitu 64-bit sesuai dengan standarnya. Pengertian floating point sendiri merupakan sebuah format bilangan yang dapat kita gunakan untuk merepsentasikan hasil dari sebuah nilai yang sangat kecil ataupun sangat besar.
Bilangan ini direpresentasikan menjadi 2 bagian, yakni bagian ekponen dan mantisa. Bagian mantisa dapat menentukan digit dalam angka tersebut. sementara ekponen dapat menentukan nilai berapa besar pangkat pada bagian mantisa tersebut.
Contoh deklarasi

  • Dengan double
double r = 10;
  • Dengan var dan dynamic  
var phi = 3.14;
dynamic phi = 3.14;

String
String adalah tipe data yang terbentuk dari satu atau beberapa karakter bila kita menambahkan data di dalam kutip (“ “) walaupun itu berbentuk angka maka akan terbaca oleh dart sebagai String contohnya String angka = “1,2,3,4,5”;

○ Contoh deklarasi :
Deklarasi String dengan key String

  • Satu kutip (‘ ’)
String s1 = 'tagline'; // Deklarasi dengan kutip satu
  • Dua kutip (“ ”)
String s1 =  "tagline"; // Deklarasi dengan kutip dua
  • Deklarasi String dengan key var

var s1 = "tagline"; //Deklarasi dengan key var
  • Deklarasi dengan pemisahan kutip

String tag = "Forumkoding" "Forumkoding" ".com";
  • Deklarasi dengan pemisahan kutip dan plus (“ ” + “ ”) 

String sambungKata1 = "GITS"+"Super"+"Fun !!!";

Boolean
Boolean adalah tipe data yang hanya memiliki 2 kondisi yaitu true untuk nilai benar dan false untuk nilai salah. Tipe data ini biasanya digunakan dalam operator percabangan untuk menentukan aksi yang harus dilakukan pada sebuah kondisi.

  • contoh deklarasi
bool lulus = true;
Nah teman - teman sudah belajar mengenai variabel dan tipe data pada Bahasa Pemrograman Dart. Semoga artikel ini bermanfaat, Terimakasih telah berkunjung.
Pengenalan Variabel dan Tipe Data Pada Dart  ,

Untuk tutorial selanjutnya silahkan kunjungi artikel mengenai Fungsi dan Operator Pemograman Dart
Salam Success :)

By: Muhammad Rizal Supriadi

0 Response to "Pengenalan Variabel dan Tipe Data Pada Dart "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel