Tutorial Membuat Document dan Cover Menggunakan Latex

Assalamualaikum wr.wb

Bagaimana kabarnya sahabat forumkoding? Semoga kita selalu diberi kesehatan dan rezeki yang berlimpah. Aamiin yarobbal'alaamiin.

Pada kesempatan kali ini, Admin akan membahas mengenai Tutorial Membuat Document dan Cover Menggunakan Latex, ada beberapa point yang akan admin bahas diantaranya mulai dari Pengertian, Pembuatan Cover, Pembuatan Paragraf. Silahkan teman - teman simak pembahasan dibawah ini:

Pengertian Latex 

Latex merupakan suatu system typesetting yang dapat kita gunakan untuk membuat suatu artikel, surat, buku dan publikasi apapun dengan kuliatas yang sangat tinggi, Latex berbasiskan pada Tex atau dapat dikatakan mempunyai extensi Tex.

Dalam document LATEX memiliki struktur hampir sama dengan HTML yakni dicirikan dengan menggunakan blok yang memiliki perintah \begin dan \end jadi kalian atau artikel yang kita tulis tersimpan diantara perintah tersebut.

Pada tutorial ini admin menggunakan Aplikasi yang bernama Texmaker, Jika kalian ingin menggunakan aplikasi yang sama silahkan download lalu install aplikasi tersebut. ataupun kalian dapat memakai aplikasi online untuk membuat file latex tersebut

Dibawah ini merupakan tahapan - tapahan yang admin sampaikan bagi kalian yang menggunakan aplikasi Texmaker.

Penggunaan Texmaker

Untuk tahapan instalasinya cukup mudah, setelah kalian download filenya lalu silahkan cari direktori downloadnya dan klik dua kali pada icon Tekmaker, lalu selanjutnya kalian tinggal next next saja. Admin asumsikan kalian sudah menginstal aplikasi tersebut.

1. Silahkan buka Aplikasi Tekmakernya, maka akan muncul seperti tampilan dibawah ini:

2. Langkah selanjutnya adalah kita akan membuat file baru dengan kali klik menu file->new, maka akan tampil seperti gambar dibawah ini:
3. Langkah selanjutnya kita akan melakukan konfigurasi pada aplikasi Latex ini, silahkan klik menu Options lalu pilih Configure Texmaker, maka akan tampil seperti gambar dibawah ini:
Setelah muncul tampilannya, jangan lupa menceklik nulisan Embed seperti gambar diatas dan klik tombol OK.
4. Perhatikan settingan pada gambar dibawah ini, dan teman - teman lakukan hal yang sama :
Pastikan yang dipilih Quick Build dan View PDF, lalu langkah selanjutnya silahkan save terlebih dalu filenya dan beri nama sesuai dengan kalian inginkan.
Saya memberi nama dengan nama Muhammad_Rizal_Supriadi, lalu silahkan ketikan script dan rangkuman kalimatnya pada file tersebut seperti gambar diatas.
5. Selatelah kalian selesai mengetikan script serta rangkumannya silahkan Klik tombol disebelah Quick Build tunggu hingga aplikasi mengecek apakah ada error atau tidak, selanjutnya silahkan klik tombol disebelah View PDF, maka hasilnya seperti gambar dibawah ini:
Jika terlihat sedikit error namun file PDF berhasil maka abaikan saja errornya, karena jika kita mengeceknya dengan cara online tidak muncul error sama sekali.

Nah setelah teman - teman tau cara menggunakan aplikasi Tekmaker, maka langkah selanjutnya menuju pada Scriptnya. Silahkan simak pembahasan dibawah ini.

Pembuatan Cover

 Setelah teman - teman memahami pengertian dan cara kerja pengeksekusian document pada latex maka langkah selanjutnya kita akan membuat cover untuk laporan atau makalah, silahkan teman - teman ikuti script dibawah ini:

\documentclass[a4paper,12 pt]{article}
\usepackage{color}
\usepackage[bahasa]{babel}
\usepackage{graphicx}
\title{\textbf{Rangkuman}\linebreak \\ \textbf{Basis Data}\linebreak}
\date{}
\begin{document}
\maketitle
\begin{center}
\includegraphics[width=5cm,height=5cm]{logo.jpg}
\end{center}
\begin{center}
\textbf {Basis Data} \linebreak
\end{center}
\vspace{0.5 cm}
\begin{center}
\begin{tabular}{11}
Nama & : Muhammad Rizal Supriadi \\
NPM & : 1194059\\
Kelas & : D4TI 1B\\
\end{tabular}
\newline
\newline
\newline
Untuk Memenuhi Tugas Basis Data \\
Dosen Pengampu: Syafrial Fachri Pane, ST., MTI., EBDP. \linebreak
\newline

\newline
Program Study of Informatics Engineering \\
\textit {Politeknik Pos Indonesia}
\linebreak
Bandung 2020 \linebreak
\end{center}
\end{document}
Maka untuk hasilnya silahkan perhatikan gambar dibawah ini:

Penjelasan Script diatas
Silahkan perhatikan urutan penempatan - penempatan scriptnya:

  • \documentclass[a4paper,12 pt]{article} = Berfungsi sebagai pembuat document baru atau page baru dengan ukuran A4 dan font size 12, Sedangkan article merupakan class dari document yang kita buat tersebut. Yang artinya document tersebut akan berbentuk menjadi article.
  • \usepackage{color} = Script tersebut dimaksudkan atau mempunyai fungsi untuk dapat membaca warna apa saja terdapat pada gambar yang kita inputkan. 
  • \usepackage[bahasa]{babel} = Usepackage seperti perintah tersebut digunakan sebagai pemanggil atau menginport fungsi pada latex. Serta bahasa yang berarti bahasa yang digunakan adalah bahasa indonesia serta dapat menggunakan huruf latin. Sedangkan babel merupakan sebuat fungsi atau package pada latex agar latex dapat mengecek serta mengenali apa yang kita tulis. 
  • \usepackage{graphicx} = Perintah ini digunakan untuk memanggil library yang difungsikan untuk dapat menambahan gambar pada artikel yang kita buat
  • \title{\textbf{Rangkuman}\linebreak \\ \textbf{Basis Data}\linebreak} = Pada perintah tersebut digunakan untuk membuat title pada makalah atau laporan yang dibuat pada Latex.
  •  \date{} = Digunakan untuk menampilkan tanggal pembuatan ataupun perbaharuan.
  • \begin{document} = Begin document digunakan untuk memulai tulisan atau semua artikel yang kita tulis disimpan dibagian ini dengan diakhiri perintah /end{document}
  • \begin{center} = Digunakan untuk membuat tulisan menjadi rata tengah  dengan diakhiri perintah \end{center}.
  • \includegraphics[width=5cm,height=5cm]{logo.jpg} =Pada perintah tersebut digunakan untuk memasukan gambar dengan nama logo yang mempunyai extensi jpg. (Pada pemanggilan gambar ini diharuskan untuk menggunakan format jpg) dengan ukuran yang dibuat yaitu 5cm x 5cm.
  • \textbf = Perintah tersebut digunakan untuk menebalkan tulisan seperti Judul ataupun subjudul.
  • \linebreak = Linebreak digunakan untuk mengakhiri perintah pada baris yang telah kita buat nanti.
  • \vspace{0.5 cm} = Pada perintah ini digunakan untuk mengatur spaci (yang merupakan jarak antara kalimat pada baris kesatu dengan kalimat pada baris kedua), dengan menggunakan space 0,5
  • \begin{tabular}{11} = Untuk perintah tabular digunakan untuk membuat tab pada tulisan yang biasa digunakan untuk nama, kelas dan lain sebagainya.
  • \newline = Untuk perintah ini kita gunakan untuk membuat enter atau dapat dikatakan untuk membuat barus baru. 
Untuk selanjutnya silahkan teman - teman tambahkan script dibawah ini diatas script \end{document}

\begin{flushleft} \title{\textbf{1. Judul Kesatu}\linebreak  \end{flushleft} \par Contoh : Paragraf satu - Laravel merupakan suatu framework php yang paling populer
saat ini, karena mumpunya fitur yang sanngat lengkap jika dibandingkan dengan framework
php yang lainnya \par Paragraf dua \newline \begin{flushleft} \title{\textbf{2. Judul Kedua}\linebreak  \end{flushleft} \par Paragraf satu \par Paragraf dua \newline
Maka hasilnya menjadi seperti gambar dibawah ini:

Penjelasan Script

  • \begin{flushleft} = Digunakan untuk membuat kalimat menjadi rata kiri dengan diakhiri perintah \end{flushleft}.
  • \par = Dapat kita gunakan untuk membuat paragraf menjadi menjorok ke kanan.
Nah kita sudah membuat cover serta peletakan untuk artikel yang kita buat, semoga sampai tahan ini teman - teman tidak menemukan kendala apapau saat mengikuti tutorial kali ini.

terimakasih sudah membaca artikel mengenai Tutorial Membuat Document dan Cover Menggunakan Latex.

Semoga berhasil - Salam Success :)

By: Muhammad Rizal Supriadi

0 Response to "Tutorial Membuat Document dan Cover Menggunakan Latex"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel