Cara Membuat CDM dan PDM pada Sybase Power Designer

Assalamualaikum wr.wb

Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan tutorial mengenai Cara Membuat CDM dan PDM pada Sybase Power Designer. Apa saja sih langkah- langah untuk membuatnya, silahkan teman-teman simak pembahasan dibawah ini:

Pegertian CDM
CMD merupakan suatu model yang dibuat berdasarkan anggapan bahwasannya dunia nyata itu terdiri dari sekumpulan object - object dasar yang sering kita sebut dengan nama entisas atau (entity) serta merupakan hubungan (relationship) antara entitas - entitas itu sendiri. Biasanya CMD ini di representasikan dalam suatu bentuk Entity Relationship. Tentunya penggunaan CMD ini memiliki manfaan, berikut merupakan manfaat penggunaan CMD pada perancangan database:

  • Dapat memberi gambaran secara lengkap dari suatu struktur basis data yaitu suatu arti hubungan serta batasan - batasan.
  • Merupakan alat komunikasi antar designer, analis dan pemakai basis data.

Pengertian PDM

Sedangkan PDM sendiri merupakan suatu model yang menggunakan sejumlah tabel - tabel untuk dapat menggambarkan data serta menggambarkan hubungan antar data- data tersebut. Dalam sebuah tabel pastinya membunyai kolom dan setiap kolom tersebut pastnya memiliki nama yang unik.

Jadi PDM ini merupakan bentuk fisik yang kita buat untuk dapat di implemtasikan menjadi database. Jika kalian mengetahui pengertian Class dan Object, maka PDM itu kita dapat ibaratkan sebagai Class yang merupakan cetakan atau blue print sedangkan Databasenya kita ibaratkan Object yang merupakan implementasi dari class yang kita buat sendiri.

Lalu bagaimana sih cara membuat CMD dan PMD pada aplikasi Sybase Power Designer?

Pada tutorial kali ini admin menggunakan aplikasi power designer versi 16.6 yang merupakan versi terbaru. Untuk studi kasusnya sendiri admin mengambil studi kasus tentang restaurant. Yang mana tabel - tabel atau perancangan restaurant ini cukup banyak dibutuhkan. 
Untuk tutorialnya silahkan teman - teman simak langkah - langkah dibawah ini:

Langkah Pembuatan CMD
Langkah yang paling awal silahkan kalian buka aplikasi Power Designer yang sudah kalian install pada laptop atau komputer kalian masing - masing.
Maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini:
 Pada tampilan diatas terlihat ada beberapa project yang telah admin buat, nah jika tampilannya sedikit berbeda tidak masalah asalkan aplikasinya berjalan dengan sempurna.

Selanjutnya silahkan klik menu File->New Model, maka akan muncul seperti gambar dibawah ini:
Pada gambar diatas kita dapat melihat bahwa terdapat beberapa kategori yang dapat kita buat pada aplikasi Power Designer ini, untuk pembuatan CDM maka kita pilih yang tulisan Conceptual Data lalu silahkan kalian beri nama sesuai dengan yang teman - teman inginkan. Admin memberi nama dengan cdm_restaurant.
Silahkan klik OK, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini:
Dalam gambar tersebut kita dapat melihat bahwa terdapat kolom kosong, yang akan kita gunakan untuk sebagai pembuatan design atau perancangan tablenya, dan disebelah kanan kalian bisa melihat terdapat toolbox yang difungsikan sebagai pembuat object - object yang akan kita butuhkan seperti table, relasi dan lain-lain.

Selanjutnya silahkan kalian pilih Entity , karena kita akan membuat suatu table. silahkan klik Entity kemudian kalian klik pada kolom putih atau (bidang) untuk dapat menampilkan table didalamnya. Silahkan perhatikan gambar dibawah ini:
Untuk dapat menggunakan table tersebut menjadi seperti yang kita inginkan, maka silahkan teman - teman klik dua kali pada gambar tabel tersebut. lalu kita akan diarahkan pada tampilan untuk mengedit nama table yang akan kita buat, untuk tabel pertama kita akan membuat table dengan nama menu.. silahkan teman - teman perhatikan gambar dibawah ini:
Pada gambar diatas terdapat label yang bertuliskan Name, itu merupakan suatu kolom penamaan nama table yang akan kita buat. selanjutnya silahkan kalian pergi ke tulisan Attribut untuk menggisikan bidang - bidang apa saja yang kan kita gunakan serta tipe data apa saja yang akan kita buatuh kan. untuk gambarnya seperti dibawah ini:
Pada gambar diatas kita dapat melihat bahwasannya terdapat kolom - kolom yang akan kita gunakan untuk membuat suatu bidang - bidang, lalu bagaimana cara mengisikannya ? Untuk mengisikan kolom - kolom tersebut silahkan klik pada kolom pertama lalu isikan id_menu , kenapa kita mengisikan kolom pertama itu dengan id? karena id akan kita gunakan sebegai identifier yang maksudnya untuk mewakili data - data yang lainnya, 
Untuk pengisian tipe data silahkan teman - teman perhatikan gambar dibawah ini:

Pada gambar diatas kita dapat melihat bahwa terdapat beberapa pilihan tipe data, tetapi untuk id_menu kita akan mengisikannya dengan tipe data integer, karena tipe data ini dapat bersifat UNIQ maupun Increnment. dan jangan lupa khusus untuk id_kalian ckls klim M , P, D nya ya. perhatikan gambar dibawah ini:
Nah pada gambar diatas kita dapat melihat bahwa kita baru saja membuat suatu field atau attribute dengan nama id_menu. selanjutnya kalian isikan trus sampai data - data yang dibutuhkan telah selesai ditambahkan.

Pada diatas sudah admin jelaskan mengenai cara untuk membuatnya sampai dengan membuat attributnya. nah selanjutnya kita akan membuat suatu perancangan database restaurant, untuk gambar lengkapnya silahkan perhatikan gambar di bawah ini:
Gambar diatas merupakan gambar CDM dari perancangan database restauran silhakan teman - teman ikuti saja, untuk pembuatan tabelnya diatas itu terditri dari 8 tabel yang saling terbungan satu sama lainnnya.

Untuk tahap selanjutnya kita akan men generate file CMD ini menjadi struktur PDM, untuk langkah - langkahnya silahkan perhatikan gambar dibawah ini:
Pertama silahkan kalin klik menu Tools lalu pilih Generate Physical Data Model.
Maka kita akan diarahkan kedalam halaman untuk pengarutan nama file dan database apa yang akan kita gunakan nantinya, silahkan teman - teman ikuti terlebih dahulu seperti gambar dibawah ini:

Lalu klik Ok maka tampilan perancangan CMD akan di generate menjadi PDM, untuk hasilnya yaitu PDM teman - teman silahkan perhatikan gambar dibawah ini:
Pada PDM maka akan terlihat strukturnya menjadi lebih pasti karena terdapatnya primary dan foreign key , serta relasi apa saja yang sedang berlangsung.

Mungkin sekitan tutorial yang dapat admin bagikan tentang Cara Membuat CDM dan PDM pada Sybase Power Designer

Semoga bermanfaat, salam Success : )

By : Muhammad Rizal Supriadi

0 Response to "Cara Membuat CDM dan PDM pada Sybase Power Designer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel