Installasi Oracle Apex 19.1 dan Oracle Database 12c

Assalamualaikum wr.wb

Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan tutorial mengenai Installasi Oracle Apex 19.1 dan Oracle Database 12c , mengingat sulitnya referensi yang menjelaskan tentang hal tersebut dalam bahasa indonesia ... untuk versinya sendiri sebetulnya sama saja cara installasinya, karena laptop admin entah kenapa tidak support Oracle Database versi 19 jadi admin memaki Oracle Database versi 12c.

Oracle Application Express

Oracle Apex atau biasa disebut dengan Application Express murupakan salah satu fitur akses yaitu DBMS yang disediakan oleh perusahaan Oracle. Dimana pada oracle ini telah mendukung bahasa PL dan SQL didalam fitur SQL Workshopnya. Application Express ini pada dasarnya bisa kita akses  dengan cara cloud Apex Oracle. 

Langkah pertama tentunya teman - teman harus mempersiapkan terlebih dahulu Oracle Database maupun Oracle Apex. Admin asumsikan teman - teman sudah mendowloadnya.

Lalu bagaimanas sih langkah - langkah untuk menginstallnya? Silahkan teman - teman simak sampai selesai artikel ini.

Langkah pertama yang kalian harus lakukan adalah menginstall Database Oracle terlebih dahulu lalu selanjutnya menginstall Oracle Apex.
Dibawah ini merupakan langkah - langkah untuk instalasi Database Oracle 12c

1. Langkah - langkah Installasi Database Oracle 12c

  1. Setelah kalian berhasil mendownload tentunya file tersebut mempunyai extensi .zip , silahkan ekstrak terlebih dahulu file zip tersebut. 
  2. Silahkan double klik pada tulisan setup, maka akan muncul seperti gambar berikut: 
  3. Silahkan tunggu, selanjutnya kita akan diarahkan pada halaman installasi untuk memasukan email dan password, silahkan teman - teman unceklis pada 1 wish to receive lalu klik next : 
  4. Selanjutnya akan muncul alert info, maka kita pilih yes untuk melanjutkan. 
  5. Maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini, silahkan teman - teman pilih creat and configure a database, lalu klik next. 
  6. Selanjutnya kita diarahkan pada pilih yaitu dektop dan server, silahkan teman - teman pilih dekstop class, lalu klik next. 
  7. Selanjutnya teman - teman akan dirahkan ke halaman Specify Oracle Home User, Silahkan pilih use windows built-in account. lalu klik next. 
  8. Pada tahap selanjutnya biarkan saja pada setinggal default nya, selanjutnya silahkan berikan password yang diminta, usahakan berupa kombinasi huruf,karakter dan angka. jika teman - teman ingin mengubah database global silahkan ganti saja lalu klik next. 
  9. Selanjutnya program akan melakukan checking, silahkan teman - teman tunggu sampai proses selesai.
  10. Jika program sudah melakukan pengecekan maka akan muncul seperti gambar dibawah ini, kemudian klik install 
  11. Selanjutnya kita akan diarahkan pada halaman installasi , silahkan tunggu sampai selesai. jika terdapat alert silahkan klik Allow untuk melanjutkannya. 
  12. Silahkan tunggu sampai proses installasi selesai maka akan muncul pemberitahuaan bahwa installasi telah berhasil

Untuk mengecek apakah kita berhasil terkoneksi atau tidaknya dengan Database Oracle, silahkan teman teman buka Command Prompt lalu ketikan sqlplus setelah itu silahkan ketikan perintah dibawah ini:
SYS/oracle0orcl as sysdba
Untuk gambarnya seperti dibawah ini:
Pada gambar diatas kita dapat melihat bahwa versi yang admin pakai adalah Oracle Database 12c - 64 bit.
Tahap installasi Oracle Database telah selesai, untuk tahap selanjutnya kita akan menginstall Oracle Database versi 19.1, silahkan teman - teman simak penjelasan dibawah ini:

2. Langkah - langkah menginstall Oracle Apex

Pada langkah ini jika teman - teman belum mendonwload Oracle Apex, maka silahkan download terlebih dahalu admin memakai versi 19.1 yang merupakan versi terbaru.

Lalu bagaimana sih cara installasi Oracle Apex ini?
Dari berbagai referensi serta pengalaman yang telah admin kumpulkan, maka untuk installasi Oracle Apex ini akan admin jelaskan sedetail mungkin agar teman - teman lebih mudah untuk memahaminya, berikut adalah langkah - langkah nya
  1. Langkah pertama silahkan teman - teman extrak terlebih dahulu Oracle Apex yang berextensi .zip
  2. Selanjutnya copykan folder tersebut pada installasi Oracle Database sebelumnya, silhakan perhatikan gambar dibawah ini:
  3. Pada gambar diatas terlihat folder apex yang baru saja admin pastekan dalam folder Installasi Database Oracle, Selanjutnya silahkan buka Command Prompt
  4. Selanjutnya silahkan masuk kedalam direktori apex yang telah kita pastekan pada folder installasi Database Oracle. Untuk dapat mengakse SQL, silahkan teman - teman ketikan sqlplus /nolog , untuk dapat mengkoneksikannya selanjutnya silahkan ketikan conn sys/oracle@orcl as sysdba untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar dibawah ini:
  5. Untuk langkah selanjutnya silahkan ketikan perintah @apexins sysaux sysaux temp /i/ untuk memulai installasi Oracle Apex, untuk gambarnya silahkan perhatikan dibawah ini: 
  6. Tunggu sampai installasi Apex selesai, pada tahap ini membutuhkan waktu cukup lama sekitar lebih dari 15 menit. Jika sudah selesai maka akan tampil seperti gambar berikut: 
  7. Selanjutnya ketikan perintah @apxchpwd.sql maka kita akan disuruh untuk memasukan username , email serta password. untuk Username dan Email nya admin biarkan default saya yaitu 'ADMIN' untuk passwordnya sendri teman-teman harus mengisikannya dengan kombinasi antara huruf , angka dan karakter. contoh Or@cle123, untuk gambarnya seperti dibawah ini: 
  8. Ketika teman-teman mengisikan password, namun password yang teman-teman ketik tidak tampil apapun .. maka teman teman tidak usah khawatir oracle hanya menyembunyikan password yang teman - teman ketik mejadi tidak terlihat.
  9. Tekan enter untuk melanjutkannya.
  10. Pada tahap ini kita akan melakukan configurasi Oracle Apex, silahkan ketikan perintah @apex_rest_config.sql tunggu sampai proses selesai.
  11. Selanjutnya jalankan lagi perintah @apex_rest_config.sql untuk kedua kalinya lalu tunggu sampai selesai. 
  12. Selanjutnya ketikan perintah @apex_epg_config.sql diikuti dengan folder installasi Database Oracle, maka perintah yang admin ketik adalah @apex_epg_config.sql D:\app\A455LF-WIN10\  , untuk gambarnya silahkan perhatikan : 
  13. Tunggu sampai selesai, membutuhkan waktu cukup lama pada proses ini.
  14.  Jika sudah selesai silahkan ketikan perintah @apxldimg.sql D:\app\A455LF-WIN10 . lalu enter 
  15. Seperti biasa tunggu sampai prosesnya selesai , proses ini membutuhkan waktu cukup lama sekitar 15 - 20 menit.
  16. Setelah pada proses ini selesai kemudian ketikan printah EXEC DBMS_XDB.SETHTTPPORT(8080); kemudian tekan enter
  17. Selanjutnya ketikan perintah ALTER USER ANONYMOUS IDENTIFIED BY ANONYMOUS ACCOUNT UNLOCK; kemudian tekan enter
  18. Selanjutnya ketikan perintah ALTER USER APEX_PUBLIC_USER I IDENTIFIED BY APEX_PUBLIC_USER ACCOUNT UNLOCK; kemudian tekan enter
  19. Untuk detailnya silahkan perhatikan gambar dibawah ini: 
  20. Sampai tahap ini, maka installasi Oracle Apex telah selesai.
Untuk dapat mencoba apakah Oracle Apex sudah terinstall dengan benar , silahkan teman - teman ketikan pada browser url: localhost:8080/apex , lalu tekan enter .. maka secara otomatis Oracle Apex akan meredirect pada url berikut . jika berhasil menginstallnya maka akan muncul seperti gambar berikut:

Silahkan isikan seperti gamabar diatas, Untuk username dan passwordnya sendiri .. isikan seperti yang teman - teman buat sebelumnya, setelah itu klik tombol Sign In untuk memulai.
Maka teman - teman akan diarahkan pada halaman Apex Administration:

Nah selamat teman - teman telah berhasil mengisntall Oracle Database dan Oracle Apex, semoga teman - teman tidak ada kendala apapun saat mengikuti tutorial kali ini. Jika teman - teman mengalami kendala silahkan tinggalkan komentar pada form yang telah disediakan. atau teman - teman dapat mengirimkan pesan pada email. mrsupriadi2000@gmail.com

Terimakasih telah menbaca artikel mengenai Installasi Oracle Apex 19.1 dan Oracle Database 12c 
Semoga bermanfaat -- Salam Success :)

By: Muhammad Rizal Supriadi

0 Response to "Installasi Oracle Apex 19.1 dan Oracle Database 12c "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel