Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Tipe Data Pada Database

Assalamualaikum wr.wb

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Materi Lengkap Mengenai Database,
Lalu apa saja yang akan kita perlajari pada materi database ini? yang akan kita pelajari silahkan teman - teman perhatikan point point penting dibawah ini:

Point - point 

  1. Pengertian Database
  2. Fungsi Database
  3. Jenis - jenis Database
  4. Tipe Data
Oke langsung saja kita pada pembahasannya, silahkan kalian simak pembahasan dibawah ini:

1. Pengertian Database

Basis data adalah kumpulan data yang dapat berupa angka,huruf,gambar, symbol yang dikumpulkan dalam 1 tempat yang dimana datanya tersusun berdasarkan fakta, dan data tersebut harus saling berelasi.

A. Entitas
 Digunakan untuk menyusun data dan mengklasifikasikan data tersebut. Sangat penting untuk mengetahui fungsi dari sebuah entitas yaitu berfungsi untuk menyimpan sebuah data. Entities juga bisa disebut sebagai table dalam database. Contohnya sebuah entities yaitu mahasiswa.

B. Instance
Adalah struktur proses dan memory yang menjalankan system database(DBMS,Database Management System).

C. Attributes
Sangat penting untuk mengetahui sebuah atribut, yang bisa menjelaskan informasi detail dari sebuah Entities. Attribut ini juga biasanya disebut juga kolom dalam sebuat table .Contohnya sebuah attribute dalam entities adalah seperti npm, nama, kelas.

D. Identifiers
Identifier ini juga digunakan untuk pembeda antara yang 1 dengan yang lainnya, Dan biasa dibilang UID, atau kepanjangan dari Unique ID,kenapa dibilang UID karena isinya tidak boleh sama dengan yang lainnya, agar bisa dengan mudah untuk memprosesing data. Identifier ini juga sering digunakan untuk dijadikan primary key dalam tabel, kenapa sering dijadikan primary key karena isinya tidak boleh sama dengan yang lainnya.

2. Fungsi Database 

  1. Fungsi dari datatabe yang pertama adalah untuk dapat mempermudah mengidentifikasi data, database dapat menyiapkan serta membertikan data yang sesuai dengan permintaan pengguna terhadap suatu informasi yang terpenting adalah dengan cepat dan akurat.
  2. Fungsi database yang kedua adalah untuk dapat menghindari data ganda serta terinkonsistensi data
  3. Fungsi yang ketiga adalah database dapat memudahkan akses, mengedit, menyimpan data dan menhapus data.
  4. Fungsi selanjutnya adalah menjaga kualitas informasi dan data supaya tetap sama pada saat entry dan setelah entry, data yang disimpan didalam database tidak boleh hilang atau terhapus dengan sendirinya.
  5. Dapat memecahkan masalah konvensional untuk menyimpan data yang dapat memakann ruang database penyimpanan karena jika memakai kertas sangat memakan ruang penyimpanan.
  6. Dapat mendukung aplikasi yang memerlukan ruang penyimpanan.  

3. Jenis - jenis Database

A. SQL (Mengutamakan Struktur)
SQL yang merupakan singkatan dari (Structured Query Language) merupakan suatu bahasa khusus yang digunakan untuk dapat mengakses data - data yang terdapat dalam sebuah basis data atau database relasional.
SQL juga merupakan bahasa komputer yang menggunakan stardar American Nasional Standard Institute atau yang biasa kita kenal dengan sebuat ANSI, yang sering digunakan pada management database relasional.
Dengan query atau biasa kita dengan SQL kita juga dapat memanipulasi ataupun mengedit database sesuai dengan apa yang kita inginkan atau kehendaki, seperti halnya mengambil queri data pada database, mengedit data, menambah data dan menghapus data.

B. NoSQL (Mengutamakan Kecepatan)
Database NoSQL ini dibuat dengan mempunyai tujuan khusus, memiliki skema fleksibel dan untuk model data spesifik yang digunakan untuk membuat aplikasi modern. Database NoSQL ini dikelas cukup luas karena berbagai kemudahan seperti fungsionalitas, kinerja, serta kemudahan pengembangannya dalam berbagai skala. Darabase NoSQL ini menggunakan varian model data , termasuk grafik , document , nilai kunci dan pencarian.
Contohnya seperti : MongoBD, Cassandra, Redis Dll.

4. Tipe Data


Tipe data merupakan suatu memori yang kita dapat gunakan untuk menyimpan nilai dari suatu variable

Jenis - jenis tipe data dibagi menjadi dua yaitu: tipe data primitive (sederhana) dan tipe data composite. Untuk pembahasannya silahkan simak pembahasan dibawah ini:

Primitive (Sederhana)
Tipe data ini merupakan tipe data yang hanya dapat menyimpan satu nilai saja pada setiap variablenya. Tipe data ini merupakan tipe data yang paling dasar dan sering digunakan untuk membuat program, untuk contohnya sendiri silahkan perhatikan pembahasan dibawah ini:

A. Tipe numerik, tipe ini digunakan pada variable untuk dapat menyimpan nilai dalam bentuk angka, pada tipe data ini terbagi menjadi "Real" dan "Integer".
- Integer (int), adalah berupa tipe data bilangan bulat.

B. Karakter (char), adalah tipe data yang dapat kita gunakan untuk menyimpan hanya satu digit karakter, karena satu digit merupakan 1 byte (dan 1 byte itu = 8 bit). untuk menuliskan karakternya kita dapat menggunakan simbol petik tunggal ( ' ) pada depan dan belakang karaker yang kita tulis. silahkan perhatikan gambar dibawah ini:
C. Yang ketiga adalah tipe data Boolean yang dapat kita katakan sebagai tipe data logika karena hanya bernilai true atau false, serta tipe data ini memakan memori yang sangat kecil.
contoh  : ( 5 > 2 ) = true

Tipe Composite 
Tipe data ini merupakan lawan dari tipe data primitive, karena tipe data ini dapat menampung banyak nilai, berikut beberapa tipe data composite yang akan admin jelaskan:

  1. Array
  2. Record
  3. Image
  4. Date Time
  5. Object
  6. Subrange
  7. Enumerasi
1. Array
array atau dapat disebut larik, merupakan tipe data yang terstruktur , meskipun tipe data ini sedernaha namun dapat menyimpan data dengan tipe yang sama dalam suatu atau sebuah variable.

2. Record
Untuk data record ini sering dikenal pada bahasa pemrograman pascal atau bahasa C++. berbada dengan array .. record menampung tipe data yang berbeda - beda.

3. Image
Image merupakan tipe data grafik contohnya seperti grafik perkembangan atau penurunan suatu populasi , pada bahasa berbasis visual tipe data ini sangat mendukung.'

4. Date Time 
Date time ini tersimpan dalam format yang spesifik, karena dengan variable ataupun konstanta yang dideklarasikan dapat dengan bentuk tipe data date ataupun time. Tipe data ini terbentuk dari beberapa tipe data karena itulah dikatakan sebagai tipe data composit.

5. Object
Tipe data ini menyimpan dengan object - object yang biasa dengan bahasa pemrograman vb. Delpi serta bahasa pemrograman lainnya yang berbasis GUI.

6. Subrange
Untuk tipe data ini range nya sudah ditentukan oleh pada programmer, biasanya untuk tipe data ini memiliki batas maksimum dan minimumnya.

7. Enumerasi
Ini merupkan element - element yang harus kita sebut satu persatu dan memiliki nilai konstanta berupa tipe data integer sesuai dengan urutannya. Pada nilai konstanta ini mewakili suatu nama variabel yang ditulis didalm kurung serta tipe data ini sering digunakan pada bahasa delfi atau Mysql.

Mungkin sekian yang dapat admin sampaikan, mudah mudahan materi tentang Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Tipe Data Pada Database.

Semoga bermanfaat, salam success :)

By : Muhammad Rizal Supriadi

0 Response to "Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Tipe Data Pada Database"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel