Tutorial Bahasa Pemrograman Python

Assalamualaikum wr.wb

Pada kesempatan kali ini kita akan belajar mengenai bahasa pemrograman python, mungkin kalian masih bingung harus mulai dari mana ? tenang saja ya :)

Karena dengan artikel ini admin akan membahas mulai dari persiapan awal sampai tuntas.
Ada beberapa point yang akan admin bahasa, silahkan perhatikan point - point dibawah ini:

  • Apakah itu bahasa pemrograman python dan kenapa kita harus belajar bahasa pemrograman python?
  • Apa sajakah yang harus kita siapkan dan perluakan untuk belajar bahasa pemrogaraman python?
  • Bagaimanakah cara untuk membuat pemrograman python?
  •  Lalu apa saja yang harus kita akan pelajari selanjutnya?
Silahkan teman - teman simak pembahasan dibawah ini:

Pengenalan Bahasa Pemrograman Python

Sebelum kita memulai pada tahapan selanjutnya mengenai belajar bahasa pemrograman python, alangkah baiknya untuk mengetahui apa sih itu python serta bagaimana bahasa python ini bisa ada dan dapat kita pelajari saat ini. Silahkan baca artikel ini sampai tuntas ya.

Pengertian Bahasa Pemrograman Python

Python termasuk kedalam bahasa pemrograman interpreted language, berbeda dengan bahasa C ataupun C++ yang termasuk dengan bahasa yang memerlukan compile terlebih dahulu atau dapat dikatakan sebagai bahasa compile language. Singkatnya Compiler serta Interpreted sama - sama berfungsi untuk dapat mengeksekusi kode program.

Compiler Language merupakan sebuah mesin (software) yang dapat kita gunakan untuk menerjemahkan code program yang telah kita buat kedalam bahasa mesin agar dapat digunakan dan ditampilkan oleh komputer dengan cara mengeksekusi seluruh kode program yang telah kita buat. Untuk contoh compiler sendiri contohnya bahasa pemrograman C yang harus dicompile kedalam bahasa pemrograman Assembly yang diteruskan kedalam micro processor dan dari micro processor tersebut diteruskan atau dijalankan selanjutnya baru selanjutnya di compile ulang untuk dapat kita gunakan.
Hasil dari compile tersebut dapat berektensi .exe , berikut merupakan contoh - contoh bahasa pemrograman yang menggunakan compiler adalah Cobol, Pascal, C, C++, Fortran.

Interpreted Language merupakan suatu program yang berfungsi sebagai penerjemah dengan cara mengeksekusi perintah - perintah baris - perbaris dengan menggunakan logika kode program yang telah kita buat. Misalkan terdapat suatu sitem informasi akademik dengan munggunakan bahasa pemrograman python. nah bahasa pemrograman python tersebut akan langsung dieksekusi dan ditampilkan tampa kita perlu mengkonversi menjadi bahasa mesin terlebih dahulu.

Bahasa pemrograman python sendiri diciptakan oleh seorang programmer yang bernama Guido Van Rossum pada 1985 an serta ada juga yang mengatakan pada tahun 1989. Guido Van Rossum dengan munggunakan bahasa C untuk membuat interpreted python.Maka dapat dikatakan nenek buyut dar bahasa pemrograman python ini adalah bahasa pemrograman C.

Alasan Utama Mengapa Bahasa Python Harus Kita Pelajari

Ada beberapa alasan tentunya mengapa kita harus belajar bahasa pemrograman python, sebagai berikut:
  1. Bahasa pemrograman python lebih singkat dan pastinya mudah untuk dipelajari
  2. Mempunyai dokumentasi yang lengkap serta mudah untuk kita temukan
  3. Banyak perusahaan yang membutuhkan programmer yang menguasai bahasa pemrograman python ini.
Dari hasil survey yang telah dilakukan oleh team stackoverflow.com pada tahun 2019, bahasa memrograman python menduduki peringkat ke 4 sebagai bahasa pemrograman yang diminati oleh semua responden. Untuk lebih jelaskan kalian dapat perhatikan gambar dibawah ini,
 Dari gambar diatas kita dapat simpulkan bahwa kebutuhan dan perkembangan programmer yang menguasai bahasa pemrograman python sangat meningkat. Oleh karena itu bahasa pemrograman python ini wajib untuk kita pertimbangkan serta mempelajarinya.

Apa Saja Yang Dapat Dikembangkan Oleh Bahasa Python Ini

Bahasa pemrograman python merupaka penyedia framework yang dapat kita kembangkan untuk dapat membuat aplikasi web ataupun flatform lainnya. Beberapa contoh dari framework python ini adalah web2py, django atau pylon dan banyak lain untuk contoh lainnya. Serta bahasa python ini sangat banyak digunakan untuk memrosesan analisis data atau dapat dikatakan sebagai (machine learning).

Lalu apa sajakah tools yang harus kita persiapakan dalam belajar bahasa pemrograman python ini.
  1. Yang kita butuhkan paling penting adalah Python interpreted yang dapat membantu untuk dapat menerjemahkan bahasa python kedalam bahasa yang dapat dimengerti mesin.
  2.  Tentunya kita perlu mempunyai teks editor untuk digunakan dalam menuliskan program.

Cara Installasi Python Pada Windows

Untuk instalasi bahasa pemrograman python ini sangat mudah tentunya, Untuk langkah - langkahnya hampir sama dengan menginstall software pada umumnya, kita tinggal klik next - next saja. sampai finish

Tetapi perlu adanya konnfigurasi pada tengah - tengah proses instalasi, agar perintah - perintah python ini dapat dikenali pada CMD.

Silahkan kalian kunjungi halaman website resmi python lalu download, karena pada tutorial ini admin menggunakan versi yang terbaru jadi silahkan kalian download versi 3 keatas. Untuk gambar lengkapnya seperti dibawah ini:

Langkah - langkah Installasi

  1. Buka File Python 3.8.2 atau versi lainnya
Setelah proses download selesai, kita akan mendapatkan file installer python. File ini akan melakukan installasi kedalam sistem windows.

Silahkan klik 2 kali untuk memulai installasi

2. Pilih Pengguna
Nah, pada tahap ini kita akan diminta untuk memilih siapa saja yang akan menggunakan phyton ini.
Silahkan pilih saja yang paling atas yaitu  'Install for all users', agar dapat digunakan oleh semua users di komputer.
3. Pilih lokasi Installasi
Silahkan teman - teman tentukan lokasi untuk python yang akan kita install. Admin membiarkannya saja pada penyimpanan defaultnya yaitu C:\python34\, Kemudian silahkan klik next
4. Tahap Kostumisasi
Pada tahapan ini, silahkan teman - teman tentukan fitur apa saja yang aka teman - teman diinstall.

Jangan lupa untuk mengaktifkan terlebih dahulu 'Add python.exe to part' agar perintah - perintah python dapat dikenali pada CMD (Command Prompt).

 Setelah diaktigkan silahkan teman - teman klik finish untuk menyelesaikan installasinya
Untuk dapat mengecek apakah python sudah berhasil terinstall atau tidaknya, silahkan buka Command Prompt lalu ketikan python, Seperti gambar dibawah ini:
Setelah muncul, untuk dapat mencoba menampilkannya silahkan teman - teman ketik perintah
print("Selamat datang di forumkoding.com")
Maka akan muncul seperti tampilan dibawah ini:
Nah selamat teman - teman sudah berhasil menginstall  python pada komputernya masing- masing

Terimakasih sudah membaca artikel ini mengenai Tutorial Bahasa Pemrograman Python.
Semoga bermanfaat - Salam Success

By: Muhammad Rizal Supriadi

0 Response to "Tutorial Bahasa Pemrograman Python"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel