Apa Itu PHP? Tujuan dan Fungsi Utama Pemrograman PHP

Assalamualaikum, Bagaimana kabarnya sahabat forumkoding? Semoga selalu diberikan kesehatan ya Aamiin.

Pada artikel kali ini admin akan menjelaskan mengenai Apa itu PHP? serta admin juga akan menjelaskan mengenai tujuan dan fungsi utama pemrograman PHP. Nah tentunya pada artikel ini admin akan membahas secara lengkap apa itu php? tujuan dan fungsi utama pemrograman PHP.

Untuk pembahasan sebelumnya silahkan kunjungi, Belajar PHP Konsep dan Prinsip Utama Pemrograman PHP.

Oke mari kita mulai pengenalan PHP kita dengan mempelajari dasar- dasarnya: apa itu PHP? PHP ini merupakan bahasa pemrograman open source, maksudnya adalah bahasa ini bebas untuk dikembangkan oleh siapa saja dan gratis yang diperuntukan untuk tujuan umum. Bahasa pemrograman php ini sangat bergun untuk pengembangan suatu website serta yang paling penting yaitu dapat bekerja dengan server.

Dengan kata lain dapat kita katakan, bahasa ini dimaksudkan untuk menangani back-end. Karena alasan ini bahasa pemrograman PHP ini berlajan di server, dan pengguna hanya melihat tampilan HTML biasa yang terdapat dalam front-end.

Seperti yang teman- teman duga, script yang ditulis pada pemrograman PHP dimaksudkan hampir secara eksklusif untuk bagian server. Itu dapat memuat data serta memasukannya kedalam HTML DOM, tetapi tentunya tidak memiliki kontrol sebanyak misalnya bahasa pemrograman javascript. Namun itu dapat terhubung ke database, memulai suatu sessions serta menetapkan script kedalam document HTML dan dapat melakukan banyak tugas lainnya.

Jika teman- teman bertanya untuk apa PHP digunakan, tentunya teman- teman akan mendengar banyak nama yang sangat terkenal, karena efisiensi dan fleksibilitasnya bahasa pemrograman PHP ini merupakan basis dari jaringan serta sistem website terbesar didunia.

Pertanyaan lain yang mungkin masih menjadi pertanyaan bagi seeorang yang baru mengenal bahasa pemrograman PHP ini terhadap dasar- dasar PHP adalah Apa Arti PHP. Ketika Rasmus Lerdorf menciptakannya pada tahun 1994 yang pada awalnya dikenal dengan nama Personal Home Page, Namun seiring berjalannya waktu bahasa pemrograman ini berubah namanya dan dikenal dengan seburan PHP: Hypertext Preprocessor.


Apa Itu PHP? Hal Paling Utama 

  • Bahasa pemrograman PHP merupakan bahasa pengkodean yang dapat berjalan pada sisi server.
  • Fungsionalitas dapat memungkinkan teman- teman dalam membuat halaman website yang dinamis.
  • Bahasa pemrograman PHP ini merupakan salah satu bahasa pemrograman yang gratis, kuat serta efisien. Itu merupakan keunggulan utama jika dibandingkan dengan para pesaingnya seperti (microsoft ASP).
  • Sebelum teman- teman mempelajari bahasa pemrograman ini, teman- teman harus terlebih dahulu mendapatkan setidaknya pengetahuan dasar tentang HTML dan CSS.
  • Pada artikel ini akan memberi teman- teman beberapa dasar yang berguna untuk memulai berlajar pemrograman PHP.

File PHP Explained

Untuk dapat menulis kode php tentunya teman- teman harus menyimpan dalam file dengan ektensi .php. Meskipun bahasa ini mempunyai ekstensi yang berbeda, ia juga dapat berfungsi sebagai file HTML dasar. File PHP merupakan kombinasi dari HTML, PHP dan javascript serta teks biasa.

Jika teman- teman memeriksa suatu dokumen yang dimuat, teman- teman tidak akan menemukan jejak bahasa PHP ini. Hal ini dapat terjadi karena bahasa pemrograman PHP dieksekusi pada sisi server, dan hanya konten HTML lah yang dihasilkan serta tampil dalam web browser.

Detail dan Fungsi

Meskipun bahasa pemrograman PHP ini bersifat universal secara keseluruhannya, bahasa ini merupakan bahasa paling cocok untuk pengembangan website. Ada beberapa cara untuk dapat menggunakan PHP dalam hal membuat suatu website.

Untuk Apa PHP digunakan? silahkan simak point- point dibawah ini:
  1. Membuat suatu konten yang dinamis.
  2. Membuat, membuka, menghapus, menulis, membaca, dan menutup file yang terdapat pada sisi server.
  3. Merupakan kumpulan data dari form.
  4. Dapat menerima dan mengirimkan cookie.
  5. Dapat menambahkan dan mengubah suatu informasi yang terdapat pada basis data.
  6. Dapat melakukan encriptsi data.
  7. Untuk outputnya sendri tidak hanya file HTML tetapi juga file PDF, Flash, file XML dan teks lainnya.

Contoh Sintak PHP Dasar

Untuk dapat melihat bagaimana bahasa pemrograman ini ditulis dengan simple, teman- teman dapat melihat contoh scirpt dibawah ini:
<?php
    echo "ini merupakan tag simple php.";
?>
Selanjutnya kita akan membahas mengenai keuntungan bahasa pemrograman PHP ini, silahkan simak dan pahami pembahasan dibawah ini.

Keuntungan Pemrograman PHP

Tentu saja bahasa pemrograman ini mempunya banyak sekali keuntungannya pada saat mengunakan PHP secara keseluruhan. Admin telah menyajikan beberapa point yang wajib teman- teman ketahui dari keuntungan bahasa pemrograman PHP ini, silahkan simak point dibawah ini:
  • Bahasa pemrograman PHP ini merupakan bahaa pemrograman yang berjalan di sisi server serta mudah untuk dipelajari dan dipahami tetapi juga sangat efisien untuk digunakan.
  • Untuk bahasa ini tentunya sudah dapat berjalan diberbagai platform seperti Windows, Linux, Unix, Mac OS dan lain sebagainya, Oleh karena ini bahasa ini sangat portable dan nyaman untuk digunakan pada pengembahasan suatu website.
  • Bahasa pemrograman ini tentunnya dapat terhubung ke hampir setiap server seperti yang sudah teman- teman kenal yaitu Apache dan IIS dan dapat terhubung kedalam banyak basis data.
  • PHP merupakan bahasa pemrograman yang gratis serta open source, maksudnya adalah siapa saja boleh untuk mengembangkannya. Ini juga mempunyai basis penggunanya yang sangat besar, sehingga mudah untuk menemukan jawaban atas pertanyaan apapun yang muncul saat menggunakan bahasa pemrograman ini.

Kesimpulan 

Untuk memudahkan para pembaca, admin akan menyimpulkan dari artikel yang sudah admin tulis diatas, nah silahkan teman- teman perhatikan dan pahami kesimpulan dibawah ini:
  1. Bahasa pemrograman PHP digunakan untuk membuat situs website dan platform yang dinamis tentunya.
  2. Bahasa pemrograman ini merupakan bahasa pemrograman yang berjalan pada sisi server.
  3. Untuk penggunakan bahasa pemrograman ini tentunya gratis, juga lebih kuat serta efisien dari pesaingnya yaitu Microsoft ASP.
  4. Bahasa PHP ini dapat kita sebut sebagai bahasa tingkat lanjut, mengapa demikian? karena untuk dapat mempelajarinya teman- teman tentunya sudah harus memiliki pengetahuan mengenai HTML dan CSS.
Nah mungkin sekian yang dapat admin sampaikan pada pembahasan kali ini, mudah- mudahan artikel ini dapat memberikan pengetahuan serta bermanfaat bagi para pembaca.

Untuk artikel selanjutnya silahkan kunjungi: Panduan Lengkap Tentang Cara Install PHP

Terimakasi telah berkunjung dan membaca artikel ini mengenai Apa Itu PHP? Tujuan dan Fungsi Utama Pemrograman PHP. Semoga bermanfaat -- salam success :)

By: Muhammad Rizal Supriadi

0 Response to "Apa Itu PHP? Tujuan dan Fungsi Utama Pemrograman PHP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel