Belajar Cara Menggunakan Sintaks yang Benar dalam Pemrograman PHP


Assalamulaikum,  Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan pembahasan mengenai belajar cara mengguanakan sintaks yang benar dalam pemrgraman PHP. yang tentunya mareri ini sangat penting untuk teman- teman pelajari karena materi ini merupakan pengetahuan dasar sebelum teman- teman belajar lebih jauh mengenai bahasa pemrograman PHP. nah tentunya admin akan membahas secara lengkap dari artikel mengenai Balajar Cara menggunakan Sintaks yang benar dalam pemrograman PHP.

Oke langsung saja kita bahas, silahkan teman- teman simak dan pahami pembahasan dibawah ini.

Saat teman- teman belajar bahasa pemrograman PHP, tentunya teman- teman harus mempelajari sintaksisnya. Itu merupakan perangkat aturan mengenai bagaimana teman- teman menulis jika teman- teman ingin teks yang teman- teman buat dalam hal ini yaitu kode PHP dipahami dengan benar serta bekerja dengan baik sebagaimana mestinya.

Untuk pembahasan sebelumnya teman- teman dapat membaca artikel mengenai : Panduan Lengkap Tentang Cara Install PHP

Jika teman- teman tidak mengikuti sintaks pemrograman PHP, semua kerja keras yang teman- teman lakukan akan sia- sia: bahkan jika teman- teman mengetahui fungsinya, server tidak akan dapat memahami serta menjalankan perintah yang teman- teman buat.

Untuk mengatasi kekacauan tersebut, pada tahun 2009 PHP Framework Interop Group telah memperkenalkan serangkaian dokumen yang dapat kita sebut dengan rekomendasi standar PHP. Meskipun kita tidak harus mengenatahui semua kata, tetapi dasar- dasarnya merupakan suatu keharusan. Itulah mengapa admin menyiapkan tutorial sederhana mengenai sistaksis kode PHP untuk dapat teman- teman ikuti dan pelajari.

Lalu point- point apa yang akan kita bahas pada artikel ini? Silahkan teman- teman perhatikan point- point pembahasan dibawah ini:
  • Kode PHP : Tips Utama
  • Sintaks Dasar PHP
  • Menulis komentar dalam PHP
  • PHP Case Sensitivity
  • Kesimpulan Pembahasan mengenai Kode PHP
Setelah kita mengetahui point- point pembahasannya, maka selanjutnya admin akan membahasannya satu per satu.

Kode PHP : Tips Utama

  • Untuk setiap script PHP harus ditulis diantara tag yaitu <?php dan ?>.
  • Untuk setiap kode php yang ditulis harus diakhiri dengan tanda titik koma (;).
  • Hanya variable case-sensitive lah yang berfungsi atau sebagai kata kunci tidak.

Sintaks Dasar PHP

Pada file php biasanya terdiri dari tag HTML dan script PHP serta untuk enteksi defaultnya adalah .php . Tentunya teman- teman dapat menempatkan script PHP dimana saja didalam dokumen selama teman- teman menuliskannya dalam tag <?php dan ?>.
Untuk contoh penulisannya silahkan teman- teman perhatikan contoh code dibawah ini:
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<style>

</style>
</head>
  <body>
    <h1>Halaman Pertama web PHP</h1>
    <?php echo "Hello Sahabat Forumkoding!"; ?> 
  <script>
    
  </script>
  </body> 
</html>
Selanjutnya kita akan mempelajari cara penulisan comment pada PHP, silahkan teman- teman simaka pembahsan dibawah ini.

Menulis Komentar Dalam PHP

Pada setiap komentar dalam suatu bahasa pemrograman apapun tentunya tidak dapat dijalankan begitupun pada pemrograman PHP juga tidak dapat dijalankan sebagai program. Untuk komentar sendiri tentunya hanya dapat dilihat oleh pengembang yang membaca script programnya. Sebagian besar komentar dalam script PHP digunakan sebagai pengingat atau penjelas saat kita menuliskan kode program .

Ketika teman- teman menuliskan kode program yang banyak, terkadang mungkin teman- teman meninggalkan element yang tidak dapat diingat dalam otak. Itulah sebabnya penulisan komentar dalam pemrograman PHP sangat bermanfaat tidak hanya untuk orang lain yang melihat kode akan tetapi untuk teman- teman juga.

Mungkin juga teman- teman membuat komentar dalam sintaks PHP yang dimaksudkan untuk menyembunyikan kode program tersebut. Mungkin teman- teman suatu hari ingin membetulkan kode program yang telah teman- teman buat menjadi komentar tersebut.

Dalam contoh dibawah ini teman- teman dapat melihat berbagai jenis komentar yang didukung dalam bahasa pemrograman PHP, silahkan perhatikan script dibawah ini:

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<style>
</style>
</head>
<body>
<?php
// A Komentar dalam satu baris
# Cara lain untuk mengirimkan komentar dalam satu baris
/*
Komentar
Lebih 
dari satu
barris
*/

// Bagian baris kode dapat ditinggalkan dengan komentar
$number = 19 /* + 39 */ + 12;
echo $number;
?>
<script>
    
</script>
</body>
</html>
Mudah bukan untuk mempejari penulisan komentar dalam bahasa pemrograman PHP, selanjutnya kita akan membahas mengenai PHP Case Sensitivity.

PHP Cara Sensitivity

Dalam aturan sintaks bahasa pemrograman PHP, sensitivitas huruf tidak berlaku untuk kata kunci apapun seperi (else, echo, if, while, dan lain sebagainya), function yang ditentukan oleh para penggunanya.

Pada contoh dibawah ini, ketiga baris yang dibuat oleh echo akan menghasilkan tulisan yang sama pula. Silahkan perhatikan script dibawah ini.
<?php
  ECHO "Hello, Sahabat Forumkoding!<br>";
  echo "Hello, Sahabat Forumkoding!<br>";
  EcHo "Hello, Sahabat Forumkoding!<br>";
?>
Silahkan teman- teman jalankan kode diatas, maka teman- teman akan melihat hasil yang sama.
Tetapi dalam penulisan variabel pada PHP selalu case-sensitive.

Pernyataan echo pertama yang dapat teman- teman lihat dalam contoh dibawah ini (yang dimulai dengan variable $name) akan ditampilkan dengan benar. Untuk dua contoh lainnya tidak akan: $NAME dan $nAmE diperlakukan sebagai suatu variable yang berbeda karena ditulis dengan cara yang berbeda pula dalam pemrograman PHP.

Silahkan teman- teman perhatikan contoh code dibawah ini:
<?php
  $name = "Muhammad Rizal Supriadi";
  echo "Saya Suka " . $name . "<br>";
  // echo "Ini adalah " . $NAME . "<br>";
  // echo "Teman saya adalah " . $nAmE . "<br>";
  // baris komentar di atas untuk mencoba bagaimana itu tidak bekerja.
?>
Tentunya dalam kode diatas hanya dapat dipanggil dengan variable $name, dan tidak berlaku untuk memanggilan varibel yang lainnya.

Kesimpulan Kode PHP

  • Untuk penulisan kode PHP tentunya harus dibungkus dengan tag <?php dan ?>, dengan diakhiri tanda titik koma (;).
  • Pada bahasa pemrograman PHP tentunya case-sensitive artinya bahasa pemrograman PHP ini membedaan setiap menulisan huruf besar dan kecilnya.
Bagaimana teman- teman terkait pembahasan diatas? mudah -mudahan artikel yang admin buat mudah dipahami dan diperaktekan. Mungkin sekian dulu yang dapat admin sampaikan pada kesemptan kali ini semoga teman- teman dapat memahaminya.

Untuk pembahasan selanjutnya silahkan kunjungi Cara Penggunaan Variable pada PHP

Terimakah telah berkunjung dan membaca artikel ini mengenai Belajar Cara Menggunakan Sintaks yang Benar dalam Pemrograman PHP. Semoga bermanfaat -- Salam Success ;)

By; Muhammad Rizal Supriadi

0 Response to "Belajar Cara Menggunakan Sintaks yang Benar dalam Pemrograman PHP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel