Belajar PHP: Konsep dan Prinsip Utama Pemrograman PHP

Assalamualaikum pada kali ini admin akan membahas mengenai Belajar PHP yang mencangkup konsep dan prinsip utama pemrograman PHP. Nah tentunya pada artikel kali ini admin akan membahas secara lengkap mengenai penjelasan Belajar PHP Konsep dan Prinsip Utama Pemrograman PHP.

Oke langsung saya teman- teman simak dan pahami pembahasan dibawah ini.

Tentunya teman- teman telah mempelajari mengenai pembahasan HTML dan CSS yang merupakan bagian kerangka dan design pada sebuah halaman website, namun hal yang terpenting yang harus teman- teman ketahui adalah bagaimana website itu dapat menyimpan data dan berinteraksi secara dinamis yang mencangkup sisi server yang tentunya harus ditangani. Ini tentunya sangat penting untuk teman- teman pelajari agar teman- teman mampu membuat situs website dan layak serta mempublikasikannya ke dunia.

Saya yakin dengan belajar pemrograman PHP teman- teman dapat mengubah situs website yang teman- teman miliki menjadi suatu karya seni yang dinamis. Pelajarilah bahasa pemrograman PHP sekarang dan temukanlah cara halaman yang teman- teman buat untuk dapat menangani data para pengguna serta mengelola fungsi-fungsi penting lainnya.

Kita akan membahas lebih dalam mengenai apa arti pemrograman PHP. nah PHP ini diartikan sebagai Personal Home Page tetapi pada saat ini lebih dikenal dengan sebutan Hypertext Preprocessor.

Pencipta baha pemrograman PHP ini adalah Rasmus Lerdorf yang merilisnya pada tahun 1995. Sejak itulah bahasa pemrograman PHP ini telah menjadi bahasa Scripting pada sisi server yang paling populer di dunia. Seperti yang telah admin jelaskan sebelumnya, teman- teman harus belajar php untuk tujuan pengembangan website, yang khususnya untuk bekerja pada bagian back-end situs website.

Perbadaan yang paling signifikan dengan bahasa pemrograman lainnya seperti HTML, CSS, Javascript adalah tujuan serta penggunaannya. Yang bertujuan untuk dapat menyimpan website dan menjadikan website menjadi lebih dinamis.

Tampilan pada sebuah situs dibuat dengan menggunakan HTML, CSS, Javascript. Namun ketika pengembangan yang berurusan dengan data, tentunya akan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Oleh karena itulah, jika teman- teman memiliki keterampilan yang layak dalam pengembangan website pada hal antarmuka grafis. Langkah selanjutnya yaitu dengan mempelajari bahasa pemrograman PHP serta menjadikan situs website teman- teman menjadi dinamis dan interaktif.

Mengapa Teman- Teman Harus Belajar PHP: Tujuan Serta Penggunaan

Apakah teman- teman tertarik dan siap untuk mulai mempelajari tutorial ini tampa alasan lagi? Disini admin memiliki beberapa alasan mengapa teman- teman harus:
  • Sangat banyak diperlukan oleh perusahaan serta permintaan yang konstan untuk programmer bahasa pemrograman PHP.
  • Mempunyai komunitas yang besar untuk dapat terhubung dengan berbagai ide dari berbagai sumber.
  • Kebebasan untuk dapat menggunakan PHP dengan berbagai sistem operasi seperti, IOS, Windows ataupun Linux.
  • Memiliki dukungan utama oleh suatu server terbesar yaitu Apache dan Netscape.
Admin telah menetapkan bahwasannya bahasa pemrograman PHP berkaitan dengan bahasa scripting sisi server dari suatu situs website. Nah sekarang silahkan teman- teman simak mengenai tujuan utama dari bahasa pemrograman PHP ini:
  • Memanipulasi file yang terdapat disisi server yaitu menutup, membuka, menulis, membaca ataupun menghapus.
  • Mengamankan data, Tentunya teman- teman dapat mengenkripsi data sehingga tidak disalah gunakan atau berakhir ditangan  yang salah.
  • Managemen Cookie, Teman- teman dapat mengirim serta menerima cookie.
  • Pembatasan, Teman- teman dapat mencegah akses siapa saya yang dapat mengakses situs website tersebut.
  • Komunikasi, teman- teman juga dapat mengirimkan email ke pengguna situs website yang teman- teman buat.
  • Formulir, teman- teman dapat menggunakan informasi tentang penggunaan tentunya dengan menggunakan formulir yaitu formulir entri data.

Dimana Untuk Memulai ? 

Bahasa pemrograman PHP tentunya merupakan bahasa pemrograman tambahan yang bagus untuk keterampilan secara keseluruhan. Jika teman- teman memutuskan untuk mempelajari dengan benar. Admin menyarankan teman- teman untuk mengikuti panduan untuk membuat pengalaman belajar yang lebih efisien.
  • Memulai belajar dengan memahami pengantar Konsep ataupun perinsip utama pemrograman PHP.
  • Selanjutnya mempelajari yang lebih spesifik lagi seperti sintaks, variable dan lain-lain.
  • Melihat contoh script kode dan mencoba mempraktekannya lansung untuk berlatih.
  • Jika teman- teman masih juga tidak dapat memahaminya, teman- teman dapat melihat video tutorial mengenai pembelajaran PHP.
Setelah teman- teman mulai mempelajari bahasa pemrograman PHP ini, tentunya akan mempelajari file PHP yang unik yang diproses oleh suatu server website. File yang memiliki ektensi .php merupakan suatu dokumen sederhana yang berisikan script PHP. Namun ketika teman- teman membuka file PHP dengan Notepad atau teks editor lainnya. teman- teman tidak akan dapat membaca kode dikarenakan hanya server yang dapat membaca serta memprosesnya.


Apa Yang Akan Kamu Pelajari?

Mungkin teman- teman baru mengenal pengenai pemrograman PHP ini, atau dapat dikatakan teman- teman merupakan seorang pemula yang baru terjun pada pemrograman PHP, tutorial yang admin tulis insyaalloh dapat membantu serta teman- teman mudah untuk memahaminya. Semua pembahasan admin akan membuatnya secara terpisah supaya teman- teman tidak kewalahan saat mempelajarinya.

Pada tutorial selanjutnya kita akan belajar mengenai proses instalasi, dan pada tutorial lainnya akan berfokus pada beberapa perinsip dasar pemrograman PHP. Semakin teman- teman terus belajar seakin banyak yang teman- teman  dapatkan. Teman- teman juga dapat mempelajari mempelajari tutorial lainnya pada website ini. Teruslah untuk berlatih lebih giat supaya teman- teman lebih cepat untuk memahami dan mempelajari bahasa pemrograman PHP ini.

Mungkin sekian dulu yang dapat admin sampaikan pada artikel kali ini, mudah- mudahan artikel ini dapat memberikan manfaat untuk teman- teman yang membacanya.
Untuk pembahasan selanjutnya silahkan kunjungi: Apa Itu PHP? Tujuan dan Fungsi Utama Pemrograman PHP

Terimakasih telah membaca artikel ini mengenai Belajar PHP: Konsep dan Prinsip Utama Pemrograman PHP.

Semoga bermanfaat - Salam Success :)

By: Muhammad Rizal Supriadi 

0 Response to "Belajar PHP: Konsep dan Prinsip Utama Pemrograman PHP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel