Belajar Tipe Data Pada PHP dan Penggunaan Dalam Skrip

Assalamualakum, pada kesempatan kali ini admin akan membagikan pembelajaran mengenai Belajar tipe data pada PHP dan belajar cara penggunaan php dalam skrip. Tentunya sangat banyak yang akan kita pelajari pada artikel kali ini dan ini merupakan pembelajaran yang sangat penting untuk teman- teman pahami dalam pengembangan sebuah website. Pada belajar tipe data pada php ini tentunya kita akan belajar juga secara lengkap pengguaanna tipe data pada PHP. Untuk lebih lengkapnya silahkan teman simak artikel ini mengenai Belajat tipe data PHP dan Penggunaan Dalam Skrip.

Oke langsung saja kita bahas materi kali ini, silahkan teman- teman pahami dan simak pembahasan dibawah ini.

Jika teman- teman belum membaca artikel sebelumnya teman- teman dapat mengunjungi halaman berikut ini untuk dapat melihat tutorial PHP secara lengkap. Panduan Belajar PHP Lengkap.

Salah satu alasan mengapa bahasa pemrograman PHP begitu mudah digunakan adalah karena bahasa pemrograman ini tidak meminta penggunaan untuk menentukan tipe data PHP dari suatu variabel PHP tertentu secara manual. Sebaliknya bahasa pemrograman ini memahami secara otomatis sesuai dengan nilai yang telah ditetapkan untuknya.

Variabel dalam PHP tentunya berbeda secara signifikan dalam nilainya, Karena itulah bahasa pemrograman PHP dapat mengklasifikasikan variabel kedalam tipe Data PHP tertentu, namun dengan demikian tentunya sangat penting untuk mengetahui serta memahami jenis data PHP utama apa yang terdapat/ ada. serta bagaimana mereka berbeda satu sama lainnya.

Pada dasarnya tipe data pada PHP terdapat delapan jenis yang dapat dipisahkan menjadi tiga kelompok besar. Ada jenis Skalar, Bilangan Bulat, Boolean, String, dan floats untuk lebih rumit lagi ada tipe compound dan array serta objek. Sumber daya serta NULL diklasifikasikan sebagai tipe khusus.

Setelah teman- teman membaca point- point diatas, selanjutnya silahkan perhatikan point- point pembahasan dibawah ini:
  • Tips utama tipe data pada PHP
  • Strings Explained pada PHP
  • Apa itu Integer pada PHP
  • Mendeskripsikan Float pada PHP
  • Arti dari Boolean 
  • Arrays: List dari Value
  • Objek Defined pada PHP
  • Apa itu NULL
  • Resource Identified
  • Kesimpulan tipe data pada PHP 
Setelah teman- teman mengetahui point- point pembahasan diatas tentunya itu akan mempermudah bagi teman- teman dapat memahami materi yang admin sampaikan kali ini.

1. Tips Utama Tipe Data Pada PHP

  • Integer, string, boolean serta float merupakan tipe data yang paling sederhana dalam bahasa pemrograman PHP
  • Array serta objek dianggap lebih komplek, karena array dan objek dapat menyimpan lebih dari satu nilai. Sebaliknya NULL tidak memiliki nilai sama sekali.
  • Resource secara teknis bukanlah suatu tipe data, karena resource tersebut menunjuk ke referensi luat.

2. String Explained Pada PHP

String PHP merupakan urutan karakter. Tentunya itu dapat terdiri dari huruf, angka ataupun karekter khusus, membuat suatu kata ataupun kalimat. Teman- teman dapat mempelajari lebih lanjut mengenai hal tersebut pada penjelasan artikel selanjutnya.

Teman- teman tentunya harus ingat untuk dapat membungkus seluruh string dalam tanda kutip, meskipus secara spesifik tidak ada perbedaan ketika teman- teman menggunakan yang ganda ataupun tunggal.
Silahkan perhatikan contoh script dibawah ini:
<?php 
  $txt1 = "Hello kawan forumkoding!";
  $txt2 = 'Hello kawan forumkoding!';
  echo $txt1;
  echo "<br>"; 
  echo $txt2;
?> 
Catatan: Jika teman- teman ingin menampilkan kutipan didalam string, tentunya teman- teman harus mengelilinginya dengan berbagar jenis kutipan. Misalnya, jika teman- teman mengelilingi string dengan tanda kutip yang tunggal, teman- teman dapat menggunakan tanda kutip ganda didalam dan sebaliknya. 

3. Apa Itu Integer 

Integer sebagai suatu tipe data yang tentunya digunakan untuk menyimpan nilai numerik. Itu tentunya bisa datang dalam bentuk desimal (basis 10), Oktal (basis 8) dan heksadesimal (basis 16). Sejak php 5.4+ , bentuk biner dengan basis 2 juga sudah mulai diperkenalkan.

Untuk integer tentunya harus memiliki beberapa aturan seperti dibawah ini:
  • Integer tentunya harus mengandung setidaknya satu digit.
  • Pada integer ini bilangan yang ditulis haruslah bilangan bulat, bukan bilangan yang disertai pecahan.
  • Bilangan integer ini dapat bernilai posifit ataupun negatif untuk nilainya sendiri antara -2.147.483.648 dan 2.147.648.647.
Pada contoh dibawah ini memiliki integer $x. fungsi yag disebut PHPvar_dump() tentunya akan mengembalikan tipe data dan nilai variabel.
<?php 
  $x = -6532;
  var_dump($x);
?>
Selanjutnya admin akan membahasa mengenai Deskripsi Float, silahkan simak pembahasan dibawah ini.

4. Deskripsi dari Float

Jika teman- teman menggunakan titik desimat ataupun angka dalam bentuk eksponensial dalam suatu variabel, tentunya itu akan diklasifikasikan sebagai float (angka titik pengambang). Bisa juga bernilai positif ataupun bernilai negatif.

Pada contoh dibawah ini teman- teman dapat melihat float $x fungsi dari PHP var_dump() akan mengembalikan suatu nilai tipe data dan nilai variabel. 
Contohnya seperti code berikut ini:
<?php 
  $x = 201.9865;
  var_dump($x);
?>
Selanjutnya admin akan memberikan penjelasan mengenai Arti dari Booleans, Silahkan simak pembahasan dibawah ini.

5. Deskripsi Dari Booleans

Booleans merupakan suatu tipe data yang sangat ringan. Ini tentunya hanya dapat memiliki satu dari dua nilai: Benar ataupun salah tentunya teman- teman dapat memperlakukannya sebagai saklar, yang tentunya berguna untuk suatu pernyataan bersyarat.

Melihat contoh class dari pemrograman PHP, perhatikanlah nilai - nilai ini tidak dimasukan dalam tanda kutip: dengan melakukan hal ini, teman- teman akan menghasilkan string yang sederhana.
Silahkan perhatikan script dibawah ini:
<?php
  $submit = true;
  if ($submit !== false)
  {
    echo 'Submitted';
  }
?>
Selanjutnya kita akan mempelajari Arrays: List dari Value, silahkan simak pembahasan dibawah ini.

6. Array List dari Value

Array merupakan salah satu tipe data yang sangat kompleks. Array merupakan variabel tunggal yang dapat menyimpan banyak nilai variabel. tentunya hanya dapat menyimpan banyak nilai dengan tipe data yang sama. Untuk contoh penggunaan nya, dibawah ini memiliki array $x fungsi PHP var_dump() akan mengembalikan suatu tipe data serta nilai variable.
<?php 
  $x = array(1, 2, 3);
  var_dump($x);   
?>
Selanjutnya kita akan mempelajari mengenai definisi dari objek, silahkan teman- teman simak pembahasan dibawah ini.

7. Mendefinisikan Objek

Objek tentunya berbeda dengan tipe data lainnya pada bahasa pemrograman PHP lainnya, karena objek memegang tidak hanya data itu sendiri tetapi juga semua informasi mengenai bagaimana data tertentu diproses. Selain itu objek dalam PHP harus selalu dinyatakan.

Pertama, kelas suatu objek harus dideklarasikan. Untuk dapat melakukan hal tersebut teman- teman harus menggunakan kata kunci class. Class merupakan struktur yang mengandung property dan metode.
Silahkan teman- teman lihat contoh dibawah ini:
<?php
  class Book {
    function page() {
      $this->pageNumber = '2';
    }
  }
  // membuat objek
  $book = new Book();

  // menampilkan objek properties
  echo $book->pageNumber;
?> 
Selanjutnya kita akan membahasa mengenai Apa itu NULL, silahkan simak pembahasan berikut ini.

8. Apa itu NULL

Null merupakan tipe data khusus yang hanya memiliki nilai tunggal, variabel null tentunya tidak memiliki nilai nyata yang diberikan pada nya.

Untuk nilai variabel dapat dihapus dengan mengaturnya ke NULL. Variabel yang dibuat tanpa nilai yang ditetapkan diberikanlah nilai null secara default.
<?php
  $txt = "Hello world!";
  $txt = null;
  var_dump($txt);
?>
Selanjutnya kita akan membahasa secara singkat mengenai Resouce Identified, silahkan perhatikan pembahasan dibawah ini.

9. Resource Identified

Resource secara teknik bahkan tidak boleh diklasifikasikan sebagai salah satu tipe data PHP, ini tentunya lebih seperti penyimpanan referensi ke berbagai resource di luar pemrograman PHP. contoh dari sember data ekternal tersebut tentunya dapat berupa basis data atau suatu file yang terbuka.

10. Kesimpulan Tipe Data PHP

  • Pada bahasa pemrograman PHP tentunya terdapat delapan tipe data secara total: integer, string, float, boolean, array, objek, resource dan null. 
  • Array dan objek tentunya memiliki lebih dari satu nilai. Null tidak memiliki nilai sama sekali
  • Resource digunakan untuk mengarahkan yang digunakan ke referensi luar.
Mungkin sekian yang dapat admin sampaikan pada artikel kali ini, mudah mudahan artikel ini dapat memberikan manfaat dan pembelajaran bagi para pembacanya.

Untuk artikel selanjutnya silahkan kunjungi: Belajar String pada PHP

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini mengenai Belajar Tipe Data Pada PHP dan Penggunaan Dalam Skrip. Semoga bermanfaat -- Salam Success :)

By: Muhammad Rizal Supriadi

0 Response to "Belajar Tipe Data Pada PHP dan Penggunaan Dalam Skrip"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel