Dasar-Dasar Pemrograman JavaScript: Penjelasan Konsep dan Prinsip Utama

https://www.forumkoding.com/2020/05/dasar-dasar-pemrograman-javascript.html
Assalamualaikum, Pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari mengenai Dasar dasar pemrograman javascript mencangkup penjelasan konsep da prinsip utama. Nah tentunya dasar-dasar pemrograman javascript ini merupakan hal yang sangat penting untuk teman- teman pelajari karena pada tutorial kali ini kita akan membahas juga mengenai penjelasan konsep dan prinsip utama pada javascript. Silahkan teman- teman perhatikan dan simak pembahasan dibawah ini.

Hampir dari setiap pemula dalam pengembangan website dimulai dengan subjek yang sama yaitu: HTML. Dengan sendirinya, HTML tentunya tidak menawarkan banyak inter aktivitas, tetapi sebagian besar situs masih terlihat cukup tajam dan dinamis karena HTML ini dijadikan sebagai bahasa pemograman yang khusu untuk membuat kerangka sebuah website.

Untuk pembahasan sebelumnya, teman- teman dapat mengunjungi artikel mengenai: Belajar Cara Menulis dan Penggunaan Kode Javascript pada HTML

Elemen interaktif seperti pop-up, tayangan slide, ataupun formulir, grafik animasi, serta konten khusus lainnya ditambahkan ke dalam situs web dengan menggunakan bahasa JavaScript. Untuk mengembangkan situs menjadi lebih interaktif seperti itu, Teman- teman harus terbiasa dengan dasar-dasar JavaScript. teman- teman tentunya tidak perlu lagi belajar JavaScript dengan cara yang sulit: tutorial kami didaftar sesuai dengan kompleksitasnya. Karena itu, Teman- teman bisa mulai dari topik pemula.

JavaScript (atau yang biasa kita singkat JS) merupakan suatu bahasa scripting yang ringan serta dinamis, dirancang untuk dapat mendukung pemrograman berbasis prototipe. Ini terutama digunakan untuk pengembangan front-end ataupun juga memiliki kerangka kerja Node.js untuk skrip sisi server. Pengembang memuji server Node.js karena stabilitasnya dan untuk rendering dengan cepat pada browser serta server. Karena itu, popularitasnya sangat berkembang pesat.

Jika teman-teman ingin menyederhanakan pemrograman menggunakan  bahasa pemrograman JavaScript, Admin sarankan mempelajari mempelajari terlebi dahulu tentang jQuery: perpustakaan kode JavaScript yang sudah ditulis sebelumnya. Saat teman- teman perlu menambahkan, katakanlah, animasi ke dalam situs web yang teman- teman buat, teman- teman dapat menggunakan menggunakan kode jQuery yang lebih pendek. Bahkan jika kalian hanya tahu dasar-dasar JavaScript, jQuery dapat memungkinkan kalian untuk meningkatkan situs website tanpa harus menulis kode sendiri.

Ketika datang ke Java vs JavaScript, sebagian orang mungkin bingung. Membahas topik ini dulu lebih mudah sebelum JavaScript memperkenalkan kemampuan pada sisi-server. Namun, Java dan JavaScript tentunya berbeda karena digunakan untuk tujuan yang berbeda dan memerlukan sumber daya yang berbeda juga. Karena itu, seharusnya tidak ada pertempuran antara Java vs JavaScript, karena mereka bahkan tidak bertarung dalam kategori yang sama.

Perbedaan utama antara Java dan JavaScript yaitu Java merupakan bahasa pemrograman statis, yang dapat digunakan untuk pengembangan aplikasi dan back-end. Meskipun JavaScript perlahan memasuki sisi server, tujuan utamanya ialah untuk berurusan dengan antarmuka front-end.

Mengapa Kalian Harus Belajar JavaScript?

Teman- teman mungkin bertanya: untuk apa bahasa pemrograman JavaScript digunakan? Dengan mempelajari dasar-dasar JavaScript, teman- teman tentunya akan meningkatkan keterampilan teman- teman cukup untuk melakukan tugas-tugas berikut:
  • Konten interaktif: kalian dapat menambahkan fungsionalitas dinamis ke dalam situs web yang teman- teman buat dan membuatnya lebih menarik bagi pengunjung. Tidak ada yang suka dengan halaman membosankan yang hanya menyajikan informasi statis.
  • Pemrograman yang digerakkan oleh acara:Teman- teman dapat dengan cepat mengedit situs web dengan berinteraksi dengannya.
  • Pengkodean back-end: Kalian dapat menggunakan kerangka kerja Node.js untuk skrip sisi server.
  • Pengembangan game: Kalian dapat menggunakan salah satu dari banyak perpustakaan JavaScript untuk dapat membantu kalian dalam membuat game.

Mulai dari mana

Jika JavaScript baru bagi kalian, kalian mungkin tidak dapat merencanakan proses belajar secara efisien. Berikut merupakan daftar langkah yang harus kalian ikuti untuk mempelajari dasar-dasar JavaScript serta juga aspek-aspeknya yang lebih maju:
  • Jika teman- teman ingin membuat terobosan besar dalam pengembangan website, JavaScript  saja tidak cukup. teman- teman juga harus belajar HTML dan CSS. Tutorial yang admin buat akan memberi kalian informasi yang cukup untuk mempersiapkan belajar JavaScript.
  • Mulailah dengan membaca tutorial dan pengenalan JavaScript. mengandung dasar-dasar JavaScript, fungsi utama, serta informasi bermanfaat lainnya.
  • Tutorial berikut mencakup aspek yang lebih spesifik dari JavaScript. Misalnya, teman- teman akan belajar bagaimana JavaScript ditambahkan ke HTML, aturan penulisan kode menggunakan JavaScript, dan penggunaan berbagai pernyataan JavaScript.
  • Sebagai seorang pemula, tentunya kalian tidak boleh melewatkan kesempatan untuk berlatih.
  • Jika teman- teman kesulitan menggunakan JavaScript, teman- teman tentunya dapat beralih ke kursus interaktif atau video.

Apa yang Akan teman- teman Pelajari?

Tutorial ini tentunya akan menawarkan materi yang mencakup berbagai fungsi dari pemrograman JavaScript yang berbeda. Dengan kata lain, teman- teman akan dapat menjelaskan untuk apa JavaScript digunakan. Teman- teman juga akan dapat mempelajari dasar-dasar JavaScript melalui teori dan praktik. Selain itu, teman-teman  akan memahami mengapa penting untuk mengetahui JavaScript, karena ini merupakan salah satu dari tiga bahasa pengembangan website utama, bersama dengan HTML dan CSS.

Setelah membaca tutorial ini, tentunya jangan berhenti di situ! Baca penjelasan, dan berlatihlah dengan bermain-main dengan contoh kode sebelum beralih ke materi yang lebih maju.

Apa Itu JavaScript: Cara Menggunakan JavaScript secara Singkat 

JavaScript merupakan bahasa pemrograman yang sangat populer dengan fokus pada pengembangan website front-end.

Sementara potensi penggunaannya telah berkembang dengan diperkenalkannya berbagai kerangka kerja, tujuan awal JavaScript ialah membuat situs web menjadi lebih interaktif. Jika teman- teman ingin memahami apa itu JavaScript, penting untuk dapat mengetahui apa yang bisa dilakukannya.

Dengan menggunakan JavaScript, teman- teman dapat menambahkan pendengar acara, yang dapat menjalankan fungsi dengan mengklik tombol, atau ketika beberapa acara lainnya terjadi. Ini sangat berguna untuk memanipulasi tata letak situs website dengan menyesuaikan HTML secara interaktif, dan memodifikasi berbagai fitur desain dengan menyesuaikan CSS menggunakan kode pemrograman JavaScript.

Apa itu JavaScript: Tips Utama

Teman- teman dapat memanipulasi elemen HTML dengan menargetkannya menggunakan getElementById ().
Ada perbedaan yang berbeda antara JavaScript vs Python, dan JavaScript vs Java.
Memanipulasi properti CSS elemen melibatkan penargetan objek gaya.

JavaScript vs Java: Apa Perbedaannya?

Sepintas, mungkin tampak bahwa Java serta JavaScript saling terkait sebagai saudara kandung. Namun, teman- teman tidak boleh berasumsi bahwa kedua konsep ini memiliki arti yang sama. Java merupakan bahasa pemrograman tujuan umum, sedangkan JavaScript lebih sering disebut sebagai bahasa scripting.

Jika teman- temann telah membaca tutorial yang lainnya, teman- teman harus sudah tahu bahwa JavaScript merupakan salah satu komponen utama ke situs web yang dirancang secara interaktif dan indah (bersama HTML dan CSS). Singkatnya, perbedaan yang paling mencolok untuk disebutkan dalam diskusi JavaScript vs Java ialah bahwa Java dimaksudkan untuk menangani back-end, sedangkan JavaScript dirancang lebih untuk pengembangan front-end. Fakta bahwa JavaScript diperlengkapi untuk menangani back-end adalah perkembangan yang relatif baru.

JavaScript vs Python: Bagaimana Mereka Berhubungan?

Jika teman-teman seorang yang baru berkecimpung di dunia teknologi, teman- teman harus menjumpai dua bahasa pemrograman: JavaScript serta Python. Kadang-kadang, mereka mungkin dibahas sebagai pesaing, tetapi persaingan seperti itu tidak adil karena bahasa-bahasa ini memiliki beberapa perbedaan. Misalnya, JavaScript adalah bahasa scripting, dan Python merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek.

Argumen lain dalam bahasa pemrograman JavaScript vs bahasa pemrograman Python merupakan bahwa JavaScript dapat dianggap sebagai bapak interaktivitas situs web. Python merupakan bahasa pemrograman yang sangat serbaguna yang dapat digunakan di berbagai platform seperti pengembangan web. Sementara Python dimaksudkan untuk menulis sisi server aplikasi, JavaScript merupakan bahasa yang disukai untuk pengembangan front-end.

Memanipulasi HTML dan CSS

getElementById () merupakan salah satu metode paling populer dari banyak, digunakan untuk menemukan elemen HTML tertentu dengan atribut id-nya. Dengan menemukan elemen tertentu, teman- teman dapat menggunakan JavaScript untuk dapat memanipulasi kode HTML. Dalam contoh editor, teman- teman melihat dokumen HTML dasar dengan JavaScript yang diterapkan. Ini merupakan salah satu fitur terpenting dari apa yang digunakan pada pemrograman JavaScript.

Dalam contoh kode di bawah ini, teman- teman dapat melihat metode yang digunakan untuk menemukan elemen HTML dengan id = "example" dan kemudian mengganti kontennya dengan "Hello world!", Menggunakan properti innerHTML.
Contoh:
document.getElementById("example").innerHTML = "Hello world!";
teman- teman dapat mempelajari lebih lanjut tentang di JavaScript HTML DOM Mengubah tutorial HTML.

Sekarang, dalam contoh berikutnya, kita memodifikasi properti CSS dari elemen- elemen HTML. Cara kerjanya mirip dengan memanipulasi elemen HTML. Seperti yang mungkin sudah kalian pahami sekarang, memanipulasi merupakan salah satu fitur yang paling banyak digunakan dari apa yang dapat kalian lakukan dengan JavaScript.

Contoh di bawah ini menunjukkan kepada klaian bagaimana untuk dapat mengubah ukuran teks elemen HTML. Teman- teman mengganti nilai ukuran font properti CSS ke nilai yang berbeda, dengan menggunakan objek style dan properti fontSize-nya.
document.getElementById("example").style.fontSize = "24px";
//or
document.getElementById('example').style.fontSize = '24px'; 

Apa itu JavaScript: Ringkasan

  1. JavaScript memungkinkan kalian untuk dapat memanipulasi elemen HTML.
  2. JavaScript tidak boleh disalahartikan sebagai pemrograman Java, atau dibandingkan dengan Pemrograman Python.
  3. Teman- teman dapat memodifikasi properti CSS menggunakan JavaScript.
Mungkin sekian yang dapat admin sampaikan mudah- mudahan penjelasan diatas teman- teman dapat memahami serta memperlajarinya, terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini mengenai Dasar-Dasar Pemrograman JavaScript: Penjelasan Konsep dan Prinsip Utama 

Semoga bermanfaat -- Salam success :)

By: Muhammad Rizal Supriadi

0 Response to "Dasar-Dasar Pemrograman JavaScript: Penjelasan Konsep dan Prinsip Utama"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel