Memahami Cara Kerja Array PHP dan Cara Menanganinya

Assalamualaikum, Pada kesempatan ini admin akan memberikan pembelajaran mengenai Cara kerja Array pada PHP dan Cara menangani array pada PHP. Tentunya pembelajaran ini sangat penting untuk teman- teman pelajari karena memahami cara kerja array pada PHP merupakan hal dasar dalam membuat suatu fungsi dalam pemrograman PHP. Admin akan membahas secara lengkap dan mudah dipahami untuk materi ini mengenai Memahami cara kerja array PHP dan cara menanganinya.

Oke langsung saja teman- teman simak pembahasan dibawah ini.

Jika teman- teman belum membaca artikel sebelumnya, teman - teman dapat mengunjungi halaman berikut: Panduan Belajar PHP Lengkap.

Ketika teman- teman membelajari dasar- dasar pemrograman PHP, teman- teman telah belajar berbagai tipe data yang digunakan untuk membedakan variabel. Salah satunya adalah array PHP.

Tidak seperti tipe paling dasar lainnya seperti (string, floats, integer dan booleans), array pada PHP dianggap sebagai variabel majemuk. Mereka lebih rumit dikarenakan satu array dapat menampung nilai array yang berbeda. Karena array pada PHP berguna untuk mengelompokkan nilai.

Karena tipe data array ini lebih kompleks dari pada tipe data skalar sederhana, teman- teman  tentunya akan mendedikasikan banyak waktu untuk mempelajari array tersebut. Teman- teman belajar bagaimana mengenali serta menangani tiga jenis array yang berbeda, mengulanginya dan menggunakan beberapa fungsi array PHP pada umumnya.

Lalu apa saja point- point yang akan kita bahas pada artikel kali ini? Silahkan teman- teman simak point- point dibawah ini:

  • Tips Utama Array Pada PHP
  • Fungsi Array yang Paling Umum
  • Penjelasan Array
  • Belajar untuk Loop Through Arrays
    • Indexed
    • Associative
  • Kesimpulan PHP Array  
Setelah teman- teman mengetahui point- point pembahasannya tentunya akan mempermudah teman- teman dalam belajar serta memahami materi yang admin sampaikan pada kali ini.

Tips Utama Array Pada PHP

  • Tipe data array digunakan untuk memuat lebih dari satu nilai dalam suatu variabel.
  • Array memungkinkan teman- teman untuk menhindari beberapa variabel yang tidak perlu.
  • Indeks pada array dalam pemrograman PHP selalu dimulai dari 0.
  • Terdapat jenis tiga array PHP : diindeks (numerik), asosiatif (bukan nomor index, nama kunci) dan mutidimensi (yang berisikan array lain).

Fungsi Array Utama yang Paling Umum

Pertama serta menjadi hal yang paling penting, teman- teman harus mengetahui fungsi dari array(). Ini tentunya untuk mendefinisikan array PHP untuk variabel.
<?php
   $fruits = array('Pisang', 'Ceri', 'Anggur');
?> 
Lalu ada fungsi yang bernama count() yang dapat kita gunakan untuk menghitung semua nilai yang terdapat dalam array PHP. Itu juga bisa kita sebut mendapatkan panjang PHP dari array.
<?php
   $fruits = array('Pisang ', 'Ceri', 'Anggur');
   $array_length = count($fruits);
   echo $array_length;
?>
Selanjutnya admin akan menjelaskan mengenai Penjelasan index array, silahkan teman- teman perhatikan pembahasan dibawah ini.

Penjelasan Indek Array

Array yang diindeks juga disebut dengan numerik (dapat dikatakan mereka menggunakan bilangan buat sebagai kuncinya). Nilai - nilai tersebut disimpan dalam suatu urutan linear. Pada index harus dimulai dengan nol serta nya apat berupa angka. Namun semua jenis nilai dapat dipertahankan.

Melewati array yang diindeks tentunya selalu membutuhkan pendefinisian panjangnya. Ingat itu selalu dapat diambil dengan menggunakan fungsi yaitu count().
<?php
  $fruits = array('Pisang', 'Ceri', 'Anggur');
  echo $fruits[1];
?>
selanjutnya admin akan memberi pembahasan mengenai belajar loop through array, silahkan simak pembahasan dibawah ini.

Belajar Loop Through Array

Menggunakan array pada pemrograman PHP tentunya kita harus menggunakan loop. Loop tersebut dimaksudkan untuk dapat mengeksekusi pernyataan tertentu secara berulang kali, sampai hasil yang diminta muncul. Silahan teman- teman lihat beberapa contoh untuk mendapatkan ide yang lebih baik tentang bagaimana hal tersebut dapat dilakukan.

Indexed

Untuk mengetahui suatu array yang diindex dengan panjang yang diketahui, teman- teman harus menggunakan untuk loop. Menggunakan hasil pengulangan array echo PHP. untuk ditampilkan kelayar.
<?php
    $fruits = array('Pisang', 'Ceri', 'Anggur');
    $length = count($fruits);

    for($x = 0; $x < $length; $x++) {
        echo $fruits[$x];
        echo '<br>';
    }
?>
Selanjutnya kita akan belajar mengenai Associative, silahkan teman- teman simak kembali pembahasan dibawah ini.

Associative

Array asosiatif PHP tentunya berbeda dengan yang diindek karana bukan bilangan bulat yang menggunakan string untuk kunci. Tidak ada linear serta pengembangan bebas untuk menetapkan kunci spesifik untuk nilai apapun yang yang mereka simpan di dalam array PHP yang teman- teman buat. Sekali lagi menggunakan hasil loop PHP echo array yang ditampilkan pada layar.

Untuk melewati array asosiatif PHP, teman- teman harus menggunakan foreach loop:
<?php
  $fruits = [
    'Pisang' => 13, 
    'Ceri' => 134, 
    'Anggur' => 21
  ];
  foreach ($fruits as $x => $x_value) { 
    echo "Key =" . $x . ", Value=" . $x_value;
    echo "<br>";
  }
?>

Kesimpulan PHP Array

  • Array dapat diindeks, asosiatif serta multidimensi.
  • Semua dapat digunakan untuk menyimpan beberapa nilai dalam satu variabel.
  • Indeks array harus dimulai dengan angka nol
  • Untuk membuat suatu loop PHP melalui array, for serta foreach harus digunakan.
Mungkin sekian yang dapat admin sampaikan pada materi kali ini, mudah mudahan materi yang admin sampaikan diatas dapat memberikan pembelajaran serta pengetahuan bagi para pembacanya.

Untuk artikel selanjutnya silahkan kunjungi: Belajar Array Multidimensi Pada PHP

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini mengenai:  Memahami Cara Kerja Array PHP dan Cara Menanganinya. Semoga bermanfaat -- Salam Success :)

By: Muhammad Rizal Supriadi

0 Response to " Memahami Cara Kerja Array PHP dan Cara Menanganinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel