Panduan Lengkap Tentang Cara Install PHP

Assalamualaikum, Pada kesempatan kali ini admin akan membahasan mengenai panduan lengkap tentang cara install PHP, nah pada artikel ini admin akan membahasan beberapa point penting yang dapat mendukung dalam hal mengenai cara install php. Untuk dapat menginstall bahasa pemrograman PHP ini tentunya banyak hal yang harus teman- teman siapkan seperti web host dan masih banyak lagi hal yang lainnnya. Silahkan teman- teman simak pembahasan dibawah ini mengenai panduan lengkap tentang cara install php.

Untuk tutorial sebelumnya silahkan kunjungi: Apa itu PHP, Tujuan dan Fungsi Utama Pemrograman PHP

Karena PHP merupakan bahasa pemrograman gratis serta bersumber terbuka, Untuk dapat menginstall pada komputer teman- teman bukanlah suatu hal yang sulit. Teman- teman dapat menginstall PHP pada windows, Mac os, Linux ataupun pada sistem operasi lainnya. Dimungkinkan juga untuk menginstall serta menjalankan PHP di dalam berbagai lingkungan cloud.

Bahasa pemrograman PHP tentunya berbeda dengan bahasa pemrograman lainnya seperti HTML dan CSS, website yang dibuat dengan bahasa pemrograman PHP tentunya harus diperoses dengan aplikasi yang dinamakan dengan web server. Web server tersebutlah yang dapat menejermahkan kode PHP menjadi kode HTML dan mengirimkan serta menampilkannya pada web browser.

Untuk dapat menjalankan kode PHP ini tentunya teman- teman membutuhkan setidaknya tiga jenis perogram yaitu
  1. Aplikasi Web Server
  2. Aplikasi PHP
  3. Aplikasi Web Browser
Secara teknis, teman- teman tidak perlu untuk menginstall PHP: pada sebagian besar host web serta server sudah memiliki dukungan PHP secara bawaannya.Namun menginstall PHP mungkin lebih nyaman bagi teman- teman seagai pengembang, terutama pada bagian awal.

Tip Utama Untuk Menginstall PHP

  • Untuk dapat menginstall PHP pada komputer secara gratis, teman- teman dapat menggunakan file yang dapat diunduh dan manual yang disediakan oleh PHP.net
  • Teman- teman juga akan memerlukan akses ke dalam server web serta management basis data untuk dapat menggunakan PHP dengan benar. 
  • Perlu teman- teman ingat bahwa bahasa pemrograman PHP ini tersebar luas, banyak host web yang sudah memiliki dukungan PHP bawaan.

Cara Yang Berbeda Untuk Menginstal PHP 7

  • Salah satu pilihan untuk segera menginstall PHP pada windows adalah dengan mengunduh WebMatrix. Namun cara itu sudah dihentikan pada tahun 2017 setelah microsoft menjatuhkannya demi suatu teks editor yaitu Visual Studio Code. teman- teman dapat menggunakannya untuk sebagian besar bahasa pemrograman, termasuk tetapi sudah tidak terbatas pada bahasa PHP.
  • Jika teman- teman ingin membuang waktu dan menjalankan PHP seegera mungkin, teman- teman harus mencari host web yang memiliki dukungan kuat terhadap PHP dan MYSQL. Nah untuk memulainya, teman- teman dapat membuat file index.php dan mengunggahnya melalui akses FTP.
  • Teman- teman juga tentunya dapat mempertimbangakan untuk menginstall server web pada komputer yang teman- teman miliki. Pada dasarnya, server merupakan perangkat lunak sumber terbuka yang tentunya akan menyediakan fungsionalitas yang diperlukan kepada situs website yang teman- teman miliki. Contoh yang paliang bagus adalah XAMPP, yang dapat dijalankan pada Sistem operasi Windows, Linux dan Mac OS.

Install PHP atau Web Host

Sebagian besar host web dapat mendukung PHP, karena gratis serta banyak yang menggunakannya. Ketika teman- teman menemukannya, tentunya teman- teman tidak perlu untuk menginstall PHP secara manual pada komputer teman- teman atau mencari alat tambahan apapun.

Saat teman- teman membuat file dengan ekstensi .php, silahkan letakkan pada direktori yang teman- teman miliki. Secara otomatis server akan melakukan pekerjaannya untuk anda, langkah selanjutnya silahkan duduk santai dan pikirkanlah kode program apa yang akan teman- teman tulis. 

Install PHP 7 Pada Personal Computer (PC)

Pada sebagian besar komputer tentunya tidak mendukung bahasa pemrograman PHP secara default. Namun untuk menginstallnya sendiri gratis dan tidak memakan waktu untuk mengisntall PHP pada windows, mac os, ubuntu dan sistem operasi lainnya. Lalu bagaimana teman- teman dapat menginstalnya pada komputer masing- masing? Silahkan teman- teman perhatikan point- point dibawah ini.
  • Silahkan siapkan untuk fungsionalitas yang diperlukan dalam penginstall PHP 7 ini.
  • Sistem managemen basis data seperti MYSQL untuk dapat menyimpan, mengakses serta untuk mengelola konten yang teman- teman buat dengan mudah.
  • Alat serta instruksi tentang cara penginstallan PHP. PHP.net tentunya menyediakan semua file manualnya secara gratis.

Kesimpulan dari Cara Untuk Menginstall PHP

  • Teman- teman tentunya tidak diharuskan untuk menginstall PHP pada komputer yang teman- teman miliki.
  • Banyak web host yang tentunya sudah mempunya dukungan untuk bahasa pemrograman PHP ini seperti XAMPP, WARMM dan lain sebagainya.
  • Untuk penginstallan bahasa pemrograman PHP ini tentunya gratis dan mudah, untuk semua perangkat lunak yang diperlukan tentunya dapat ditemukan di PHP.net
  • Untuk dapat menggunakan semua fungsi dari PHP, teman- teman tentunya akan membutuhkan akses kedalam server website serta sistem managemen basis data. 
Nah kita tentunya telah mempelajari bagaiman persiapan dan bagaimana cara untuk menginstall bahasa pemrograman PHP ini, Mungkin sekian yang dapat admin sampaikan semoga artikel ini dapat memberikan manfaat serta pengetahuan bagi para pembacanya. 

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini mengenai Panduan Lengkap Tentang Cara Instal PHP. Semoga bermanfaat -- salam success :)

By: Muhammad Rizal Supriadi

0 Response to "Panduan Lengkap Tentang Cara Install PHP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel