Belajar Session Pada PHP dan Cara Menggunakan Session PHP

Assalamualaikum pada kesempatan kali ini admin akan memberikan pembelajaran mengenai belajar seesion pada PHP dan bagaimana cara menggunakan session pada PHP. Belajar session PHP ini tentunya sangat berguna untuk diterapkan dalam mengembangan aplikasi berbasis website, untuk dapat menyimpan data pada sisi server. Untuk itu tentunya bembelajaran mengenai Belajar Session pada PHP dan Cara menggunakan Session PHP penting untuk kita pelajari dalam pengembangan aplikasi berbasis website.

Jika teman- teman belum mengunjungi artikel sebelumnya, teman- teman dapat mengunjungi halaman berikut: Panduan Belajar PHP Lengkap.

Oke langsung saja kita bahas materi pada artikel kali ini, silahkan teman- teman simak pembahasan dibawah ini.

Jika teman- teman merupakan pengguna internet yang aktif, teman- teman mungin pernah melihat frasa ini: Sesi Anda suah kadaluwarsa. Ini tentunya sering muncul ketika teman- teman membuka kembali halaman setelah lama tidak aktif. Akibatnya tentunya teman- teman tidak dapat masuk secara otomatis, dan fungsi dari suatu halaman website tertentu sudah tidak tersedia.

Session PHP merupkana suatu alasan mengapa data menjadi dapat diakses oleh semua halaman web dari aplikasi tertentu. Data tertentunya, pada sekarang disimpan dalam bentuk variabel, sementara disimpan pada sisi server. Ketika teman- teman menutup jendela atau tab browser, sesi tersebut akan selesai.

Dalam tutorial kali ini, kita tentunya akan membahas tentunya papa itu session pada PHP, dan bagaimana untuk memulai serta mengakhirinya. Kita juga tentunya akan terbiasa dengan variabel session PHP dan memahami apa artinya $_SESSION PHP.

Lalu apa saja point- point yang akan kita bahas pada tutorial kali ini? Silahkan teman- teman simak point pembahasan dibawah ini:
  • Tips Utama Session PHP
  • Memulai Session Pada PHP
  • Mendapatkan Nilai Dari Variabel
  • Memodifikasi Variabel
  • Bagaimana Session Dimusnahkan
  • Kesimpulan Session PHP
Oke, setelah teman - teman mengetahui point- point pembahasannya, tentunya itu akan mempermudah teman- teman dalam memahami pembahasan pada artikel kali ini.

Tips Utama Session PHP

  • Session merupakan metode penyimpanan data menggunakan variabel sehingga web browser dapat menggunakannya dalam beberapa halaman website.
  • Berbeda halnya dengan cookie, data tidak disimpan pada sistem pengguna melainkan disimpan pada sisi server.
  • Pada variabel sesi berisikan data tentang pengguna saat ini.
  • Mereka tentunya dapat diakses oleh semua halaman yang terkandung dalam satu aplikasi web.
  • Pada data session tentunya tidak permanen, tetapi teman- teman dapat memuat data pengguna untuk pengguna tertentu dengan menggunakan database.

Memulai Session Pada PHP

Untuk memulai session, teman- teman harus menggunakan function session_start(). 
Untuk dapat mengatur variabel, teman - teman akan membutuhkan penambahasan global PHP variabel $_SESSION.
Dalam contoh berikut ini kita akan membuat file PHP dengan nama demo_session1.php. Silahkan teman- teman perhatikan dan ikutu script dibawah ini:
<?php 
  // Start the session
  session_start();
?>
<!DOCTYPE html>
<html>
  <body>
  <?php
    // Mengatur session variable
    $_SESSION["warna"]= "biru";
    $_SESSION["hewan"]= "kucing";
    echo "Variabel session sudah diatur.";
  ?>
  </body>
</html>
Catatan: fungsi php session_start() harus menjadi hal pertama dalam dokumen yang teman- teman buat, Semua tag HTML muncul setelahnya.
Selanjutnya kita akan mempelajari bagaimana untuk mendapatkan value dari varibalenya, silahkan teman- tema simak pembahasan dibawah ini.

Mendapatkan Value dari Variabel.

Untuk melanjutkannya, kita akan membuat file dengan nama demo_session2.php. Dengan menggunakan file tersebut, kita akan mengakses data didalam file demo_session1.php. Silahkan kalian perhatikan bagaimana data session dalam berntuk variabel tersebut harus diambil secara individual  degan menggunakan fungsi PHP session_start(). 

Silahkan teman- teman lihat contoh diawah ini untuk mendapatkan pemahaman yang lebih banyak tentang tentang bagaimana variabel PHP $_Session dapat menyimpan semua data sesi yang dinyatakan dalam file yang teman- teman buat:
<?php session_start(); ?>
<!DOCTYPE html>
<html>
  <body>
  <?php
    // Variabel sesi yang ditetapkan pada halaman sebelumnya
    echo "Warna pilihan saya adalah " . $_SESSION["color"] . ".<br>";
    echo "Hewan pilihan saya adalah " . $_SESSION["animal"] . ".";
  ?>
  </body>
</html> 
Dalam contoh scrip dibawah ini, teman- teman dapat melihat bagaimana teman- teman dapat menampilkan semua variabel session yang saat ini dinyatakan: Silahkan teman- teman perhatikan script dibawah ini:
<?php session_start(); ?>
<!DOCTYPE html>
<html>
  <body>
  <?php
    print_e($_SESSION);
  ?>
  </body>
</html>
Ketika suatu session dimulai pada halaman lain, itu memeriksa pengidentifikasi pengguna yang dibuat  sebelumnya serta melanjutkan jika ditentukan.

Selanjutnya kita akan mempelajari bagaimana untuk memodifikasi variabel dalam session, silahkan teman- teman simak pembahasan dibawah ini.

Modifikasi Variabel Pada Session

Teman- teman dapat mengubah variabel dengan menimpa mereka. Coba perhatikan peneran scriptnya dibawah ini:
<?php session_start(); ?>
<!DOCTYPE html>
<html>
  <body>
  <?php 
    //Teman- teman dapat mengubah variabel session dengan menetapkan nilai baru
    $_SESSION["warna"] = "merah";
    print_e($_SESSION);
  ?>
  </body>
</html>
Selanjutnya kita akan membahas mengenai bagaiman untuk menghapus session. Silahkan teman- teman simak kembali pembahasan dibawah ini.

Bagaimana Session dimusnahkan.

Dengan menggunakan fungsi session_unset() , akan menghapus semua variabel global. sementara untuk menggunakan session_destroy() tentunya akan memusnahkan session secara sepenuhnya. Namun pada keduanya mempunyai efek yang hampir sama.
Silahkan teman- teman perhatikan script diawah ini:
<?php session_start(); ?>
<!DOCTYPE html>
<html>   <body>   <?php     //menghapus semua varibel session     session_unset();     // Memusnahkan session      session_destroy();   ?>   </body> </html>

Kesimpulan Session PHP

  • Session pada PHP merupakan metode untuk menyimpan variabel yang berisikan data untuk digunakan browser disebut dengan session. Data ini terntunya tidak permanen dan tidak disimpan pada komputer peribadi pengguna seperti cookie, tetapi disimpan pada sisi server.
  • Infromasi tentang pengguna saat ini disimpan dalam variabel session dan dapat diakses ke semua halaman website. Variabel global PHP $_SESSION dapat menyimpan semua nilai variabel session.
  • Untuk dapat menyelesaikan session, teman- teman cukup menutup jendela atau tab tempat sebuah situs website dimuat.
  • Dapat memungkinkan untuk memuat data pengguna secara permanen untuk pengguna tertentu yang menggunakan basis data.
Mungkin sekian yang dapat admin sampaikan pada tutorial session PHP, mudah -mudahan materi yang admin berikan dapat bermanfaat serta memberikan pengetahun bagi para pembacanya.

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini mengenai: Belajar Session Pada PHP dan Cara Menggunakan Session PHP . Semoga bermanfaat, Salam success :)

By: Muhammad Rizal Supriadi

0 Response to "Belajar Session Pada PHP dan Cara Menggunakan Session PHP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel