Cara Install Windows Server 2012 R2 Pada VMWare

Assalamualaikum wr.wb selamat datang di website forumkoding, pada kesempatan kali ini admin akan membagikan tutorial mengenai Cara Install Windows Server 2012 R2 Pada VMWare. Windows server 2012 r2 ini merupakan pengembangan dari versi sebelumnya yaitu window server 2012. Untuk cara install windows server 2012 r2 tentunya cukup mudah yaitu dengan mempersiapkan syarat-syarat dibawah ini:

Persiapan 

  1. Yang pertama yang harus kalian persiapkan adalah aplikasi atau sofware yang dapat digunakan untuk install ISO dari windows server 2012 r2, untuk tutorial kali ini admin menggunakan VMWare sebagai toolnya.
  2. Selanjutnya tentunya kalian harus mempersiapkan ISO dari windows server 2012 r2, kalian dapat mendownloadnya pada website resminya secara gratis.
Oke, jika tahap persiapan sudah selesai.. langsung saya kita mulai tahap installasinya. Silahkan kalian simak pembahasan dibawah ini

Cara Install Windows Server 2012 R2 Pada VMWare

1. Untuk langkah pertama, silahkan kalian buka aplikasi yang kalian gunakan untuk menginstall ISO windows server 2012 r2, disini admin menggunakan VMWare lalu create new, lalu pilih file->new firtual machine. Selanjutnya akan muncul seperti gambar berikut, lalu silahkan kalian pilih yang Typical.

2. Setelah kita mengklik tombol next, maka akan muncul tampilan seperti berikut, kemudian silahkan pilih next saja karena kita akan memasukan ISO dari windows server 2012 r2 nya nanti.
3. Karena kita akan menginstall Sistem Operasi Windows Server 2012 r2 maka kita pilih microsoft windows, selanjutnya pada bagian version silahkan pilih windows server 2012, untuk lengkapnya seperti gambar dibawah ini:


4. Untuk langkah selanjutnya kita biarkan saja pada setelan default yaitu dengan penyimpan 60GB dan Split virtual disk into multiple files lalu klik next untuk melanjutkan.
5. Untuk dapat memasukan iso, silahkan kalian pilih Customize Hardware, untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar dibawah ini

6. Untuk memasukan ISO windows server 2012 r2 silahkan pilih bagian New CD/DVD lalu cari ISO windows server 2012 r2 pada direktori penyimpanan kalian masing-masing, jika sudah berhasil memasukan ISO nya maka pilih close

7. Setelah tahap-tahapan diatas selesai kita lakukan, maka selanjutnya kita jalankan power in the virtual machine yang terdapat dibagian kiri aplikasi VMWare. Silahkan tunggu beberapa saat maka akan muncul tampilan untuk memilih bahasa dan keyword yang akan digunakan. Silahkan pilih dan klik next untuk melanjutkan.
8. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti halaman berikut, silahkan kalian pilih atau klik install now untuk melanjutkan installasi windows server 2012 r2
9. Setelah kita klik install now, maka kita akan diarahkan pada halaman pemilihan server yang akan kita gunakan, karena kita akan menginstall windows server 2012 r2 servi GUI maka kita pilih Server with a GUI, untuk dapat menginstall windows server 2012 r2 secara GUI.

10. Selanjutnya akan muncul mengenai License terms lalu ceklis pada I accept the licence terms. Kemudian klik next untuk melanjutkan proses installasi

11. Selanjutnya kita akan diarahkan pada tampilan untuk memilih akan akan upgrade atau custom, tentunya disini kita pilih yang bawah, karena sebelumnya kita belum pernah menginstallnya, silahkan pilih install windows only (advanced)
12. Dibawah ini merupakan tampilan untuk membuat partisi, untuk dapat membuat partisi silahkan kalian pilih New lalu silahkan konfigurasi bersar kapasitas penyimpanan pada partisi yang kalian buat selanjutnya silahkan next untuk melanjutkan proses installasi.

13. Pada tahapan selanjutnya merupakan tahapan installasi windows , untuk proses ini cukup memerlukan waktu yang lama, silahkan tunggu prosesnya sampai selesai.

14. Pada tahapan selanjutnya kita akan buat akun untuk administrator dengan menginputan username dan password serta Reenter password     
15. Untuk langkah selanjutnya yaitu login, silahkan inputkan password untuk memulai login pada windows server yang sudah di install atau untuk dapat mengakses fitur-fitur yang terdapat dalam sistem operasi windows server 2012 r2
16. Sudah berhasil menginstall windows server 2012 r2 maka akan tampil seperti gambar dibawah ini, dan proses tahap installasi sudah selesai.      


Oke, Selamat teman-teman telah berhasil menginstall sistem operasi windows server 2012 r2 pada VMWare

Pada gambar diatas kita melihat bahwa proses installasi telah selesai dan kita dapat mengakses sistem operasi Windows server 2012 r2 yang dimana sistem operasi ini mempunyai bayak fitur yang tidak dimiliki oleh sistem operasi lainnya.

Semoga artikel yang admin tulis dapat memberikan manfaat kepada para pembacanya, terimakasi sudah berkunjung dan membaca artikel ini mengenai Cara Install Windows Sever 2012 R2 Pada VMWare.

Semoga bermaanfaat -- Salam Success :)

By: Muhammad Rizal Supriadi

0 Response to "Cara Install Windows Server 2012 R2 Pada VMWare"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel