Materi Lengkap Belajar Pemrograman PHP

Assalamualaikum, pada kesempatan kali ini kita akan belajar mengenai materi lengkap belajar bahasa pemrograman PHP, Tentunya materi lengkap ini dibuat dengan penjelasan yang rinci dalam belajar pemrograman PHP.

Pertama kita akan membahas pengenai pengertian dari bahasa pemrograman PHP itu sendiri.

Pengertian PHP

Pengertian PHP, PHP merupakan suatu bahasa pemrograman scripting sever-side, bahasa pemrograman ini bertujuan untuk mengembangkan situs web statis atau pun situs website dinamis dalam pengembangan aplikasi berbasis website. PHP mmpunyai kepanjangan yaitu Hypertext Pre-processor, yang sebelumnya dikenal dengan Personal Home Page.

Scriptnya sendiri merupakan sekumpulan instruksi bahasa pemrograman  yang diartikan ataupun ditafsirkan pada saat runtime. Sedangkan bahasa pemrograman scripting merupakan bahasa yang dapat menafsirkan skrip saat dijalankan atau disebut runtime. Dan biasanya pertama kedalam suatu lingkungan perangkat lunak yang lainnya.

Karena bahasa pemrograman PHP merupakan salahsatu bahasa scriptng server-side make jenis bahasa pemrograman ini nantinya program/script tersebut akan diproses melalui server. Berbeda halnya dengan bahasa pemrograman javascript yang mempunyai sifat client-side.

PHP sendiri merupakan bahasa pemrograman yang umum yang mempunyai arti dapat disematkan dalam document HTML atau digabungkan kedalam script HTML, atau jga dapat digunakan dalam kombinasi dengan berbagai template web sistem, sitem manajemen konten website dan juga kerangka kerja website.

Perbedaaan Bahasa Scripting dan Bahasa Pemrograman

Terdapat beberapa perbedaan antara bahasa scipting dan juga bahasa pemrograman, lalu apa saja kah perbedaan antara kedua tersebut? silahkan kalian simak kelebihan dan kekurangan dari dua bahasa ini:

Bahasa Scripting

  1. Dalam bahasa scripting sering digunakan untuk menyelesaikan tugas-tugas secara rutin.
  2. Kebanyakan dari kodenya dapat dijalankan tanpa terdapatnya suatu kompilasi.
  3. Pada dasarnya bahasa scripting tertanam kedalam suatu lingkungan perangkat lunak yang lainnya.

Bahasa Pemrograman

  1. Pada bahasa pemrograman memiliki suatu fitur yang dibutuhkan untuk dapat membangun dan juga mengembangkan aplikasi yang lengkap.
  2. Scriptnya harus dilakukan kompilasi terlebih dahulu sebelum kita dapat mengeksekusinya.
  3. Tentunya tidak perlu disematkan kedalam bahasa pemrograman yang lainnya.

Apa Fungsi Bahasa PHP

Fungsi dari bahasa pemrograman PHP ialah untuk membuat atau mengembangkan situs website statis maupun situs website dinamis, walaupun sebenarnya bukan hanya bahasa pemrograman PHP yang dapat kita gunakan untuk membuat dan mengembangkan aplikasi berbasis website.

PHP digunakan karena kemampuannya dalam membuat website secara dinamis dan juga dapat dignakan untuk menyimpan data kedalam basis data atau database, membuat suatu halaman yang dapat berubah-ubah sesuai dengan inputan user. tentunya memproses form dan lain-lain.

Dalam membuat suatu file PHP tentunya dapat digabungkan dengan menggunakan tag HTML, jika kita tidak menggunakan tag HTML sekalian maka itu sebuat dengan PHP murni. Pada bagian server menginterpretasikan kode yang terdapat dalam PHP dan juga mengeluarkan hasilnya yang dapat dieksekusi oleh browser berupa kode HTML Jangan lupa untuk membuatnya tentu kita hasus menyertakan kode PHP didalam tag PHP.

Syntax PHP

Pengertian dari systax PHP merupakan suatu aturan penulisan agar dapat mampu untuk dimengeri dengan benar oleh suatu compiler saat membaca bahasa pemrogram. Dalam penulisannya bahasa pemrograman PHP yang benar tentunya diawal dengan tag PHP yaitu <?php dan diakhiri dengan ?>. Dan dalam file PHP juga tentunya dapat berisikan tag seperti HTML ataupun script javasctipt sebagai script sisi klien.

Contoh Penulisan Syntax PHP

<?php
    echo "Hello World";
?>

Dari kode program tersebut akan mengeluarkan hasil output Hello World,  itu merupakan script PHP yang murni. Lalu bagaiman caranya untuk penggunaan script PHP yang disematkan kedalam kode HTML? silahkan teman-teman simak script dibawah ini:

<html>
    <head>
        <title>Menyematkan kode PHP kedalam HTML</title>
    </head>
    <body>
        <h2>Daftar hadir event</h2>
        <ol>
            <?php
                for ($i= 1; $i <= 10; $i++)
                {
                    echo "<li>Nama Peserta ke-$i</li>";
                }
            ?>
        </ol>
    </body>
</html>
Dari script diatas merupakan script yang digunakan untuk membuat suatu perulangan, perulangan yang dilakukan sebanyak 10kali. sedangkan untuk oputnya sendiri dari kode perograman diatas adalah seperti berikut:
Selanjutnya kita akan belajar mengenai Ekstensi File dalam bahasa pemrograman PHP.

Ekstensi File PHP

Bahasa pemrograman PHP tentunya memiliki ekstensi tersendiri, fungsi dari terdapatnya berbagai eksternsi tersebut agat server dapat mengindentifikasi file dan juga script PHP. file PHP tentunya harus berektensi .php. Berikut contoh ekstensi yang sudah lama 
  1. phtml
  2. php3
  3. php4
  4. php5
  5. phps

Mengapa Mengunakan PHP?

Banyak bahasa pemrograman yang tentunya dapat kita pilih diluaran sana tetapi mengapa banyak website yang menggunakan bahasa pemrograman PHP sebagai bahasa yang utamanya. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh W3tect. Bahasa pemrograman PHP digunakan 79% website diseluruh dunia.

Hal tersebut tentunya beralasan, pada bagian bawah merupakan beberapa alasan yang sangat kuat mengapa banyak orang yang lebih memilih menggunakan bahasa pemrograman PHP dan menjadikannya sebagai bahasa pemrograman terpopuler.

  1. PHP merupakan bahasa yang bersifat gratis dan open source jadi bebas untuk dikembangkan oleh siapa saja.
  2. Proses belajar pemrograman PHP tentunya jauh lebih singkat jika dibandingkan dengan ASP dan lain-lain.
  3. Karena merupakan salah satu bahasa pemrograman terpopuler maka, komunitasnya banyak dan tentunya tersebar dimana-mana.
  4. Sebagian besar web hosting secara default mendukung bahasa pemrograman PHP  jika dibandingkan dengan ASP yang membutuhkan IIS. ini tentunya menjadikan PHP yang hemat biaya.
  5. PHP selalu dikembangkan dan diperbaharui secara teratur untuk mengikut tren teknologi terbaru.
  6. PHP sendiri merupakan bahasa scripting sisi server, yang dapat diartikan hanya perlu menginstall di server dan komputer klien yang tentunya meminta sumber daya dari server tidak perlu menginstal PHP, hanya dengna peramban website saya tentunya sudah cukup untuk menjalankan bahasa pemrograman ini.
  7. PHP tentunya bekerja sama dengan bahasa MySQL, hal tersebut bukan berarti PHP tidak dapat menggunakan jenis basis data yang lannnya. Kalian dapat mengunakan basis data seperti Postgres, SQL server dan lain-lain.
  8. PHP merupakan bahasa lintas platform, yang dapat diartikan dapat menjalankan aplikasi pada sejumlah sistem operasi yang berbeda seperti windows, linux dan juga mac OS.
Mungkin sekian yang dapat admin sampaikan mudah-mudahan materi yang disampaikan ini mngenai Materi Lengkap Belajar Pemrograman PHP dapat bermanfaat bagi para pembacanya.
terimakasih telah bekunjung dan membaca artikel ini. 

Baca juga: Basis Data PHP

Semoga bermanfaat -- Salam Success :)

By: Muhammad Rizal Supriadi


0 Response to "Materi Lengkap Belajar Pemrograman PHP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel