Belajar Android Lengkap Dengan Android Studio

Assalamualaikum wr.wb , Halaman ini merupakan halaman mengenai pembelajaran android studio.

Mungkin teman - teman bertanya- tanya, kenapa kita harus belajar Android Studio, yang kita ketahui tentunya untuk membuat aplikasi android banyak tools yang bisa dipakai. Namun dengan android studio inilah tentunya akan memberikan kemudahan bagi teman - teman yang baru belajar membuat aplikasi android.

Tentunya belajar membuat aplikasi android dengan menggunakan android studio sangatlah cocok bagi teman- teman atau programmer dasar karena alasannya dalam aplikasi android studio tentunya sudah memiliki banyak fitru serta fungsi yang dapat dipakai untuk dapat memudahkan kita dalam membuat aplikasi android.

Selain itu dalam tools android studio ini sudah dilengkapi dengan membuat aplikasi yang dapat berjalan pada tablet, Smartwatch, Android TV bahkan juga Andorid Auto.


Mengenal Android Studio 

Andrid studio ini merupakan IDE pemrograman Android resmi dari salah satu perusahaan terbesar dunia yaitu Google yang tentunya dikembangkan oleh Intellij. Sebelum adanya android studio perogrammer android menggunakan Eclipse sebagai toolsnya.

Eclipse merupakan IDE pemrograman Android sebelum adanya Android Studio. Nah jadi google ini sekarang telah berpaling dari Eclipse dan menjadikan Android Studio sebagai IDE resminya.
Android studio sudah diresmikan oleh google pada tanggal 16 Mei 2013, Google sudah menghentikan support ADT ke Eclipse setelah itu tak lama kemudian ADT secara resmi hanya didapatkan oleh Andorid Studio.

Android Studio ini dipilih karena memiliki banyak fitur yang dapat memudahkan para programmer dalam membuat program level dasar sebagai pembelajaran lebih tentang android. Walaupun pada proses penggunaannya Aplikasi android Studio ini cukup banyak menguras RAM pada perangkat yang kita gunakan , tentunya teman - teman tidak perlu khawatir untuk menutupi kekurangan itu android memiliki beberapa kelebihan lainnya yaitu:

Instant Run

Saat kita menjalankan suatu program yang kita buat tentunya dengan melalui perintah run (compile), Tetunya kita akan mengkompile program android yang telah kita buat menjadi APK lalu mengirimkannya ke dalam perangkat yang tentunya dipakai untuk menjalankan (bisa dengan emulator ataupun perangkat asli). Fitur instant run tentunya dapat membuat program dapat berjalan dengan cepat tanpa harus teman teman meng-compile ulang aplikasi atau kembali membuat apk saat melakukan prubahan kode sehingga keuntungan yang didapatkan proses menjadi lebih cepat. Instan Run juga dapat kita jalankan pada program yang menggunakan versi gradle 2.0.0 ataupun lebih serta pada SDK 15 ataupun lebih.


Editor Kode Yang Cerdas

Android studio tentunya dapat membantu kita dalam penulisan kode menjadi lebih cepat, baik dan belih produktif. Andorid studio juga memiliki fitur yaitu intelligent code editor yang tentunya dapat memberikan kemudahan dalam menganalisis kode serta menyediakan sara kode yang akan digunakan dengan menggunakan sistem auto complate. Saat ita mengetikan suatu kode, tentunya Andorid Studio dapat memberikan saran yang muncul secara otomatis bila terdapat class yang sudah kita pasang dan kita dapat menekan tombol TAB pada keyboard untuk dapat memasukan kode tersebut tentunya bila sesuai dengan apa yang teman - teman butuhkan. Dengan fitur tersebut tentunya dapat mempercepat dalam pembuatan program sehingga dapat memberikan kinerja pembuatan program menjadi lebih produktif.


Emulator yang cepat dan fitur lengkap

Tentunya pada andorid studio menyediakan emulator yang jauh lebih cepat, memungkinkan untuk dapat menguji aplikasi dalam berbagai perangkat Android, seperti table, ponsel, smartwatch serta smart TV. Tentunya teman- teman juga dapat mensimulasikan berbagai fitur perangkat keras seperti lokasi dalam GPS, latensi jaringan, baterao dan masukan multi sentuh, sensor gerak. jadi tentunya jika teman - teman tidak memiliki perangkat yang aslinya teman - teman juga dapat menggunakan suatu emulator untuk dapat belajar Android Studio.


Sistem Versi Fleksibel

Tentuya dalam android studio juga menawarkan otomatisasi versinya, management dependensi serta konfiguasi versi yang tentusaja bisa kita sesuaikan. Teman- teman tentunya dapt mengkonfigurasi proyek masing- masing untuk menyertakan library lokal dan di dalam host, serta dapat pula untuk mendefinisikan varian versi tentunya menyertakan code yang berbeda. Teman - teman tentunya mempunya kebebasan untuk melakukan konfigurasi dalam memasang library yang bertujuan unutk memudahkan teman- teman dalam membuat aplikasi android, jadi fitur inilah uang tentunya merupakan bagia dari fleksibelitas dari tools Android Studio.

Dioptimalkan Untuk Perangkat Android

 Tools Android Studio tentunya menjadi tempat bagi teman- teman untuk dapat membuat aplikasi android dengan berbagai macam perangkat namun tentunya dalam basis android berbasis tablet, android tv, android auto,  serta fungsi terstruktur ini dapat memungkinkan untuk teman -teman membagi projek menjadi unit- unit fungsi yang dapat teman -teman buat , debug dan uji sesuai dengan keinginan teman teman.


Didesign Untuk Penggunaan Tim

Android studio tentunya memiliki integrasi dengan beberap version control populer seperti Subversion dan Git. Bahkan untuk mempermudah dalam kolaborasi, tenunya kita juga daat menggunakan suatu layanan github secara langsung dari tools android studinya. Dengan demikian tentunya pembaca dan tim dapat bekerja efektif dengan proyek yang tentunya dapat diakses dengan sangat mudah atar yang satu dengan yang lainnya.


Membuat aplikasi yang dapat terkoneksi

Dalam tools android studio tentunya mendukung sepernuhnya pengeditan file projek yang kita buat yang menggunakan bahasa pemrogramana C/C++ sehingga teman - teman juga dapat dengan cepat untuk membuat komponen- komponen JNI dalam aplikasi yang teman- teman buat. IDE ini pun dapat menyediakan suatu sintaks serta pemfaktoran ulang untuk bahasa pemrograman C/C++ , serta debugger dalam basis LLDB sehingga teman - teman dapat untuk men-debug kode java C/C++ secara bersamaan.


Integrasi Firebase Dan Cloud

Dalam fitur firebase Assistant juga membantu untuk dapat menghubungkan aplikasi teman- teman dengan Firebase serta menamahkan suatu layanan seperti Analytics, Notifikasi, Autentikasi dan lainnya dengan menggunakan prosedur yang sesuai dengan urutan didalam Aplikasi Android Studio. Selain itu juga tools bawaan untuk Google Cloud Platform tentunya juga dapat membantu teman- teman dalam membuat serta menerapkan backed untuk aplikasi andorid, seperti pada penggunaan layanan Google Cloud Endpoints serta modul proyek yang akan dirancang khusus untuk Google App engine.


Memberikan Efektiftas dalam pembuatan aplikasi 

Dalam tools Android studio menyediakan alat bantu basis GUI yang tentunya dapat menyederhanan bagian yang kurang menarik dari pengembangan suatu aplikasi sehingga dapat memberikan beberapa kemudahan dan fitur yang sangat lengkap.

Setelah teman- teman membaca mengenai penjelasan seputar pentingnya untuk membuat aplikasi android tentunya itu akan sangat penting untuk dapat kita pelajari, nah dibawah ini beberapa tutorila yang telah admin buat khusus untuk teman- teman yang ingin belajar mengenai pembuatan aplikasi pada andrid studio , silahkan teman -teman kunjungi dan ikuti tutorial dibawah ini, Selamat belajar android studio. 

0 Response to "Belajar Android Lengkap Dengan Android Studio"

Post a Comment